Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laju Tersendat, Bursa Asia Ditutup Bervariasi

Perdagangan saham di bursa Asia hari ini ditopang oleh sentimen rilis data keyakinan konsumen AS yang mengalami kenaikan terbesar sejak 2011 lalu.
Bursa Saham Korea Selatan./ Seong Joon Cho - Bloomberg
Bursa Saham Korea Selatan./ Seong Joon Cho - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah bursa Asia tidak mampu mempertahankan hasil positif pada pembukaan perdagangan di kuartal III/2020.

Dilansir dari Bloomberg,  Rabu (1/7/2020), beberapa bursa yang ditutup menguat adalah  S&P/ASX200 Australia yang naik 0,62  persen di level 5.934,40. Hasil ini diikuti oleh Hang Seng Hong Kong yang bergerak 0,52 persen ke zona hijau pada angka 24.427,19.

Sementara itu, indeks Kospi Korea Selatan yang sempat menguat pada pembukaan perdagangan ditutup terkoreksi 0,08 persen dan bertengger di level 2.106,70. Koreksi terbesar terjadi pada Topix Jepang yang jatuh 1,29 persen ke level 1.538,61.

Perdagangan hari ini ditopang oleh sentimen rilis data keyakinan konsumen AS yang mengalami kenaikan terbesar sejak 2011 lalu. Investor juga mencermati pemberlakuan UU Keamanan baru di Hong Kong yang dikeluarkan oleh China.

Selain itu, lonjakan kasus positif pandemi virus corona mengancam laju pemulihan ekonomi yang tengah berjalan. Ahli penyakit menular AS Anthony Fauci menyatakan, jumlah kasus positif dapat menembus angka 100.000 per hari apabila kebijakan yang dilakukan AS tidak berubah.

Di sisi lain, Gubernur The Fed Jerome Powell dalam pertemuannya dengan Kongres AS menekankan, pengendalian kasus positif virus corona amat vital guna menjaga pemulihan ekonomi dunia.

"Saat ini pasar memiliki optimisme cukup tinggi terkait pemulihan ekonomi yang membentuk pola V. Sehingga, apabila terjadi pembatalan pembukaan kegiatan ekonomi di beberapa negara bagian AS, akan terlihat dampak yang cukup  negatif di sisi ekonomi," jelas Chief Investment Strategist di Northern Trust, Jim McDonald.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper