Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Reksa Dana Pekan Lalu Moncer, Ini Deretan Produk Terbaik

Berdasarkan data Infovesta Utama pada periode 12—19 Juni 2020, indeks reksa dana saham yang tercermin dalam Infovesta Equity Fund Index mencatatkan kinerja paling tinggi sebesar 1,59 persen.
Pengunjung berada di dekat layar monitor perdagangan Indeks Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (27/7/2020). Bisnis/Abdurachman
Pengunjung berada di dekat layar monitor perdagangan Indeks Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (27/7/2020). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja indeks reksa dana saham memimpin penguatan seluruh indeks reksa dana pada pekan lalu. Hal itu seiring dengan menguatnya indeks harga saham gabungan (IHSG) sebesar 1,27 persen ke level 4.942.

Berdasarkan data Infovesta Utama pada periode 12—19 Juni 2020, indeks reksa dana saham yang tercermin dalam Infovesta Equity Fund Index mencatatkan kinerja paling tinggi sebesar 1,59 persen. Hal itu seiring dengan apresiasi IHSG yang menjadi acuannya sebesar 1,27 persen pada periode yang sama.

Menyusul berikutnya indeks reksa dana pendapatan tetap yang tercermin dalam Infovesta Fixed Income Fund Index tercatat sebesar 1,10 persen mengikuti performa obligasi pemerintah yang naik 0,40 persen sedangkan obligasi korporasi naik 0,09 persen.

Kinerja indeks reksa dana campuran yang tercermin dalam Infovesta Balanced Fund Index tercatat sebesar 0,23 persen dan kinerja indeks reksa dana pasar uang yang tercermin dalam Infovesta Money Market Fund Index tercatat sebesar 0,09 persen.

Secara year-to-date per 19 Juni 2020, kinerja indeks reksa dana saham masih terpuruk sebesar 24,23 persen atau lebih parah dibandingkan pelemahan IHSG sebesar 21,55 persen.

Tak lebih baik, indeks reksa dana campuran tercatat di zona negatif sebesar 12,08 persen.

Di sisi lain indeks reksa dana pendapatan tetap tercatat berkinerja positif sebesar 1,59 persen dan indeks reksa dana pasar uang sebesar 2,19 persen.

Infovesta Utama menuliskan dalam laporan mingguannya bahwa tren suku bunga rendah masih dapat berlangsung dalam beberapa waktu ke depan. Likuiditas di pasar surat utang yang masih baik dengan dukungan minat investor lokal dan asing pun menjadikan reksa dana dengan aset dasar obligasi berpotensi memberikan imbal hasil positif.

“Reksa dana pendapatan tetap, reksa dana terproteksi, dan reksa dana campuran masih berpotensi memberikan arah imbal hasil yang positif sehingga dapat menjadi alternative pilihan investasi dengan risiko yang cenderung lebih rendah dibandingkan reksa dana berbasis saham,” tulis Infovesta, Senin (22/6/2020).

Berikut produk reksa dana dengan return tertinggi sejak awal bulan (month-to-date) per 19 Juni 2020

Reksa Dana Saham

Return (%)

Panin Dana Ultima

13,29

Panin Dana Maksima

12,13

Manulife Saham SMC Plus

11,47

Reksa Dana Campuran

SAM Mutiara Nusa Campuran

13,76

Pacific Balance Syariah

10,28

Corpus Balance Fund I

9,29

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Foster Fixed Income

3,59

Syailendra Strategic Income Fund

2,95

Pratama Pendapatan Tetap Syariah

2,75

Reksa Dana Pasar Uang

Danareksa Seruni Pasar Uang

0,54

Mega Dana Kas

0,51

Majoris Pasar Uang Indonesia

0,46

Sumber: Infovesta Utama 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper