Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mitsui Bakal Lepas Saham Paiton Energy Lebih dari US$1 Miliar?

Perusahaan manufaktur asal Jepang, Jepang Mitsui & Co., disebut tengah mempertimbangkan untuk melakukan divestasi saham mayoritasnya di PT Paiton Energy.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 19 Mei 2020  |  08:36 WIB
Pemandangan PLTU Paiton 1 dan 2 dari sisi perairan utara Probolinggo. Istimewa - PLN
Pemandangan PLTU Paiton 1 dan 2 dari sisi perairan utara Probolinggo. Istimewa - PLN

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan manufaktur asal Jepang, Jepang Mitsui & Co., disebut tengah mempertimbangkan untuk melakukan divestasi saham mayoritasnya di PT Paiton Energy.

Dilansir dari Bloomberg, Mitsui bekerja dengan seorang penasihat untuk membahas potensi divestasi 45,5 persen daham di salah satu produsen listrik swasta terbesar di Indonesia ini, menurut salah seorang sumber yang mengetahui rencana ini.

Kesepakatan tersebut diperkirakan bernilai lebih dari US$1 miliar. Meskipun Mitsui belum memulai proses penjualan formal, tetapi perusahaan mulai menarik minat dari calon pembeli, termasuk produsen listrik regional.

Pemicaraan masih pada tahap awal dan Mitsui masih bisa memilih untuk mempertahankan sahamnya di Paiton, kata sumber yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut.

Seorang perwakilan Mitsui mengatakan perusahaan bekerja secara strategis untuk mendaur ulang semua asetnya dan memperkuat keuangannya, namun tidak merinci aset mana yang ia maksud. Sementara itu, perwakilan Paiton Energy belum memberikan komentar.

Saham Mitsui melonjak 3,7 persen di bursa Tokyo pada awal perdagangan Selasa (19/5/2020), sedangkan indeks acuan Nikkei 225 naik 2,1 persen menyusul reli di Wall Street.

Berdasarkan situs resmi perusahaan, Paiton Energy memiliki tiga pembangkit listrik tenaga batu bara. Perusahaan bekerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk menyediakan listrik 2.045MW atau sekitar 6 persen dari total kapasitas terpasang di Jawa.

Selain Mitsui & Co., saham perusahaan dimiliki oleh perusahaan investasi energi Qatar, Nebras Power QSC, sebanyak 35,5 persen. Sisanya dimiliki oleh PT Toba Bara Sejahtra dan Jera Co., yang merupakan perusahaan patungan antara Tokyo Electric Power Co. dan Chubu Electric Power Co.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

divestasi mitsui Paiton Energy
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top