Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Japfa Comfeed (JPFA) Minta Restu Rights Issue 3,5 Miliar Lembar Saham

Japfa Comfeed Indonesia berencana mengeluarkan saham baru Seri A dalam jumlah sebanyak-banyaknya 30 persen dari jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 06 Mei 2020  |  12:38 WIB
Keramba jaring apung di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara milik PT Suri Tani Pemuka atau STP - anak perusahaan PT JAPFA Comfeed Indonesia saat ditinjau oleh matan Mentan Bungaran Saragih belum lama ini - Istimewa
Keramba jaring apung di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara milik PT Suri Tani Pemuka atau STP - anak perusahaan PT JAPFA Comfeed Indonesia saat ditinjau oleh matan Mentan Bungaran Saragih belum lama ini - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten perunggasan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. akan meminta izin kepada pemegang saham untuk melakukan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu atau rights issue.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dikutip di laman Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (6/5/2020), Japfa Comfeed Indonesia berencana mengeluarkan saham baru Seri A dalam jumlah sebanyak-banyaknya 30 persen dari jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Jumlah itu setara dengan sebanyak-banyaknya 3,51 miliar saham Seri A.

Nantinya, saham baru tersebut akan diterbitkan dari portepel perseroan dan dicatatkan di BEI. Saham baru memiliki hak yang sama dan sederajat dalam segala hal termasuk hak atas dividen.

“Untuk mendapatkan persetujuan dari pemegang saham berkaitan dengan rencana itu, perseroan akan melaksanakan rapat umum pemegang saham luar biasa pada 18 Juni 2020,” tulis Manajemen Japfa Comfeed Indonesia melalui keterbukaan informasi di laman BEI.

Kendati mandat atau persetujuan dari pemegang saham akan memberikan wewenang kepada perseroan untuk meningkatkan modal dengan mengeluarkan saham baru, emotin berkode saham JPFA itu akan tetap memperhatikan baik keadaan internal maupun eksternal sebelum mengeksekusi rights issue.

Artinya, pelaksanaan aksi korporasi itu masih sangat tergantung kepada beberapa variabel.

JPFA berencana menggunakan seluruh dana yang diterima dari rights issue untuk keperluan korporasi umum bagi perseroan dan/atau anak-anak perusahaan.

Perseroan mengklaim apabila eksekusi HMETD dilakukan sebanyak-banyaknya 30 persen dari saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh maka akan berpengaruh positif terhadap kondisi keuangan konsolidasian dan struktur permodalan dengan memperbaiki debt to equity ratio.

“Dengan HMETD ini diharapkan akan meningkatkan frekuensi perdagangan saham perseroan atau dengan kata lain dapat meningkatkan likuiditas saham perseroan,” ujar manajemen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

japfa comfeed right issue Aksi Korporasi
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top