Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bukan Buyback, Ini Strategi REAL Jaga Laju Saham

Dalam tiga bulan terakhir saja, saham Repower yang melantai di bursa pada 6 Desember 2019 itu telah terkoreksi 78,96 persen.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 30 April 2020  |  14:21 WIB
Direktur Utama PT Repower Asia Indonesia Tbk. Aulia Firdaus saat menerima cinderamata dari Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna pada Jumat (6/12 - 2019). / Bisnis / Pandu Gumilar
Direktur Utama PT Repower Asia Indonesia Tbk. Aulia Firdaus saat menerima cinderamata dari Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna pada Jumat (6/12 - 2019). / Bisnis / Pandu Gumilar

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten properti PT Repower Asia Indonesia Tbk. memberikan stimulus kepada para pemegang saham publik berupa hadiah senilai miliaran rupiah sebagai salah satu upaya untuk menahan penurunan laju sahamnya.

Presiden Direktur Repower Asia Indonesia Aulia Firdaus mengatakan bahwa perekonomian nasional dan global sedang menghadapi tantangan dari dampak pandemi Covid-19, sehingga mengakibatkan terjadinya fluktuasi yang tinggi di pasar modal.

Fluktuasi itu pun terjadi pada saham emiten berkode REAL. Dalam tiga bulan terakhir saja, emiten yang melantai di bursa pada 6 Desember itu telah terkoreksi 78,96 persen.

Untuk diketahui, pada saat penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) saham REAL berhasil melesat 70 persen ke level Rp170 dari harga penawaran perdana Rp100. Namun kini, pada perdagangan Kamis (30/4/2020) hingga pukul 14.00 WIB, saham REAL berada di level Rp69, terapresiasi 1,47 persen atau 1 poin.

Oleh karena itu, perseroan meluncurkan sebuah program inovatif dalam rangka mendukung program pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI), untuk menggairahkan kembali pasar modal Indonesia.

"Program ini ditujukan khusus kepada pemegang saham publik dari perusahaan kami sebagai stimulus dalam mendukung pemerintah untuk terus menggairahkan pasar modal Indonesia di tengah pandemi Covid-19," ujar Aulia saat Media Video Conference, Kamis (30/4/2020).

Adapun, program ini bertajuk “Pasti REAL” yang akan membagikan  satu unit rumah dua lantai senilai Rp 1,5 miliar, lalu dua unit mobil, lima unit motor, dan 50 logam mulia sebagai door prize kepada pemegang saham.

Beberapa ketentuan program ini antara lain setiap pemegang minimal 100 lot saham dengan masa kepemilikan tidak terputus selama 1-30 hari berhak mendapatkan satu nomor undian, lalu 31-60 hari dua nomor undian, dan lebih dari 91 hari lima nomor undian. 

Itu artinya, semakin banyak jumlah saham dan semakin lama memegang saham, semakin besar kesempatan investor untuk menang.

Awal perhitungan program ini adalah 30 April 2020. Jika investor yang berinvestasi sebelum tanggal itu dan tidak terputus masa investasinya dapat ikut program ini. Cut off holding period adalah sesi kedua perdagangan 30 Juli 2020. Program ini bisa diikuti investor individu dan institusi.

Lebih lanjut, investor yang tidak mengambil nomor undian dianggap tak mengikuti program ini. Peserta bisa memenangkan lebih dari satu hadiah, sesuai nomor undian. 

Aulia menjelaskan bahwa pengundian akan berkoordinasi dan dilaporkan ke Kementerian Sosial. Selain itu, program ini tak berlaku bagi pemegang saham dengan kepemilikan 5 persen lebih dan tidak berlaku juga bagi karyawan Repower Asia Indonesia.

Dia juga mengatakan bahwa program ini sejalan dengan program Yuk Nabung Saham yang dikampanyekan oleh BEI. Perseroan berharap masyarakat bisa menjadikan saham REAL sebagai salah satu instrumen investasi pilihan.

Di sisi lain, Aulia mengaku hingga saat ini pihaknya masih optimistis memenuhi target pendapatan 2020 sebesar Rp 72,92 miliar.

“Terlalu dini jika kami menyerah dengan kondisi yang ada sekarang. Insya Allah kami masih sangat optimis dapat mencapai target penjualan sebesar 72,92 miliar, naik 300 persen dari tahun lalu," kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Buyback Repower Asia Indonesia
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top