Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Para Pebisnis Berikan Donasi Alkes Lebih dari 80 Ton

Managing Director Sinar Mas G. Sulistiyanto mengatakan bahwa saat ini, tenaga medis dan jajaran pelayanan publik menjadi garda terdepan dalam penanganan virus corona.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 06 April 2020  |  16:19 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo menerima Direktur Grup Sinarmas Saleh Husin, Direktur Indofood Franky Welirang, CEO Agung Sedayu Alex Kusama, dan Relawan Yayasan Budha Tzu Chi Hong Tjin di kantor pusat BNPB, Kamis (19/3/2020) - Istimewa
Kepala BNPB Doni Monardo menerima Direktur Grup Sinarmas Saleh Husin, Direktur Indofood Franky Welirang, CEO Agung Sedayu Alex Kusama, dan Relawan Yayasan Budha Tzu Chi Hong Tjin di kantor pusat BNPB, Kamis (19/3/2020) - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kalangan pengusaha melalui Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memberikan donasi alat kesehatan bagi penanganan pandemi virus corona (Covid-19) seberat lebih dari 80 ton.

Managing Director Sinar Mas G. Sulistiyanto mengatakan bahwa saat ini, tenaga medis dan jajaran pelayanan publik menjadi garda terdepan dalam penanganan virus corona.

“Itu sebabnya donasi lintas perusahaan berbentuk peralatan, yang kami prioritaskan untuk membantu mereka,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (6/4/2020).

Dia menjelaskan penyerahan bantuan tersebut disalurkan melalui yayasan Buddh Tzu Chi Indonesia yang akan diteruskan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Tzu Chi Center Tower, Jakarta Utara.

Bantuan peralatan kesehatan dengan total lebih dari 80 ton tersebut berupa 100 unit alat bantu pernapasan atau ventilator, 75.000 alat pelindung diri (APD) dan kaca mata pelindung, serta 20.000 masker N95. Masker didatangkan dari Guangzhou, Tiongkok, dengan menggunakan pesawat milik PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Sulistiyanto yang juga bertugas sebagai koordinator donasi mengatakan bahwa pemerintah turut memfasilitasi pemberian bantuan berwujud barang tersebut lewat relaksasi perizinan impor alat kesehatan,

“Hal ini dilakukan agar peralatan dapat segera tiba di Indonesia, mendukung penanganan pandemi yang lebih cepat, aman dan menyeluruh.”

Sementara itu, Ketua Umum KADIN Rosan Roeslani mengutarakan bahwa penyerahan donasi ini akan dilakukan secara bertahap. Dia mengajak seluruh pengusaha yang belum terlibat untuk ikut mendonasikan bantuan bersama-sama.

“Penyerahan kami lakukan secara bertahap, sehingga kesempatan bagi perusahaan lainnya yang ingin bergabung tetap terbuka lebar,” ujarnya.

Dia juga mengharapkan donasi lintas perusahaan bertajuk Pengusaha Peduli NKRI ini dapat menggalang bantuan senilai tak kurang dari Rp500 miliar. Perkembangan pengumpulan donasi akan secara berkala dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo. Adapun, pengalokasiannya diserahkan kepada BNPB dan Kementerian Kesehatan.

Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei menyebutkan bahwa pemberian bantuan ini merupakan perwujudan filosofi kerelawanan Tzu Chi. Dia mengharapkan donasi ini dapat membantu proses penanganan virus corona di Indonesia.

“Filosofi kerelawanan Tzu Chi yakni satu hati, harmoni, saling mengasihi dan bergotong royong akan menghadirkan kekuatan terbesar, sejalan dengan kemitraan lintas pihak dalam memerangi pandemi yang tengah berlangsung,” jelasnya.

Penyerahan secara simbolik ini juga dihadiri oleh perwakilan donatur, seperti PT Astra International Tbk., PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Djarum, dan Agung Sedayu Group.

Donasi yang diberikan merupakan kontribusi dari lebih dari 35 grup korporasi, di antaranya Sinar Mas, Djarum, Indofood, Astra International, Agung Sedayu, Artha Graha Peduli Foundation, Panin Group, dan Ciputra Group.

Para pihak yang berkomitmen untuk berdonasi dapat menyalurkannya melalui rekening yang disediakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bernomor 865 002 4681 di Bank BCA cabang Pantai Indah Kapuk.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kadin bantuan sosial Virus Corona
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top