Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KBI dan Asia Sejahtera Jalin Kongsi, Kembangkan Niaga Rumput Laut

PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI akan menyediakan sarana dan prasarana Kliring dan Penjaminan Penyelesaian Transaksi dan Registrasi komoditas rumput laut.
Nelayan menjemur rumput laut di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Senin (4/9)./JIBI-Paulus Tandi Bone
Nelayan menjemur rumput laut di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Senin (4/9)./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) meneken nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Asia Sejahtera Mina untuk mengembangkan tata niaga komoditas rumput laut.

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi mengatakan kerja sama ini dilakukan untuk mendukung mendukung pertumbuhan sistem resi gudang (SRC) komoditas rumput laut.

“Kerja sama ini merupakan langkah strategis yang kami lakukan, tentu dalam upaya untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan pemanfaatan SRG,” katanya melalui siaran pers, Sabtu (1/2/2020).

PT Asia Sejahtera Mina merupakan perusahaan swasta yang salah satu kegiatan usahanya adalah bergerak dalam bidang usaha perdagangan dan industri pengolahan komoditas rumput laut.

PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI akan menyediakan sarana dan prasarana Kliring dan Penjaminan Penyelesaian Transaksi dan Registrasi komoditas rumput laut. Sementara itu, PT Asia Sejahtera Mina akan menyediakan komoditas rumput laut yang dimasukan dalam skema resi gudang, serta sarana dan prasarana pemasaran komoditas rumput laut.

KBI dan Asia Sejahtera Mina juga akan bersinergi melakukan sosialisasi Sistem Resi Gudang komoditas rumput laut kepada seluruh pemangku kepentingan.

“Kerjasama antara PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) dengan PT Asia Sejahtera Mina ini juga terkait mengenai Pembelian dan Penjualan Kembali atau Penjaminan dengan jaminan surat berharga berupa Resi Gudang dalam Sistem Resi Gudang komoditas rumput laut, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang.”

Dalam pelaksanaannya, PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) melalui anak usahanya akan menyediakan fasilitas Pembelian dan Penjualan Kembali atau Penjaminan Resi Gudang untuk PT Asia Sejahtera Mina.

Dia mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk SRG khususnya rumput laut. Dengan luas wilayah lautan yang ada, serta kapasitas hasil yang didapat nelayan per tahun, pihaknya optimis kedepan pemanfaatan SRG untuk komoditas rumput laut ini akan meningkat.

Meski begitu, dia mengatakan bahwa belum semua nelayan di Indonesia mengetahui akan manfaat SRG ini. Dia mengharapkan para nelayan akan memanfaatkan SRG ini ke depannya, karena hal ini akan akan memberikan manfaat tidak hanya dari nilai komoditas, tetapi juga dari sisi keuangan.

Dia menyampaikan pada 2019 nilai pembiayaan SRG untuk komoditas rumput laut mencapai Rp9,8 miliar. Pada 2017, SRG rumput laut mencapai Rp2,9 miliar, dan pada 2018 meningkat menjadi Rp11,9 miliar.

Dari sisi jumlah SRG yang diterbitkan, jumlahnya pada 2017 mencapai 18 SRG, pada 2018 menjadi 25 SRG, dan pada 2019 mencapai 24 SRG. Dia memperkirakan ke depannya, pemanfaatan SRG rumput laut ini akan terus tumbuh.

Resi Gudang adalah dokumen surat berharga atas komoditas yang disimpan di gudang yang terdaftar di Pusat Registrasi (Pusreg) Resi Gudang. Satu-satunya Pusat Registrasi Resi Gudang adalah di KBI.

Perseroan mendapatkan izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebagai Pusat Registrasi yang memiliki fungsi pencatatan, penyimpanan, pemindahbukuan kepemilikan, pembebanan hak jaminan, pelaporan serta penyediaan sistem dan jaringan informasi Resi Gudang dan Derivatif Resi Gudang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper