Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Ambyar, Reksa Dana Emco Diduga Gagal Bayar

Dalam satu tahun terakhir, tiga reksa dana saham besutan Emco Asset Management terkoreksi hingga lebih dari 60 persen.
Reksa Dana Jeblok. /Bisnis.com
Reksa Dana Jeblok. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--PT Emco Asset Management diduga mengalami tekanan likuiditas seiring tekanan pada kinerja produk reksa dana besutan perseroan. Kinerja tiga reksa dana yang dikelola Emco memang terkoreksi dalam alias ambyar.

Dugaan gagal bayar muncul saat manajemen meminta nasabah untuk tidak melakukan penarikan dana. Permintaan itu tertuang pada surat manajemen Emco yang diteken Direktur Utama Asset Management, Eddy Kurniawan, tertanggal 27 November 2019. 

Manajemen menyebut, reksa dana yang dikelola mengalami penurunan nilai aktiva bersih (NAB) sejalan dengan penurunan harga saham. Adapun produk reksa dana yang dimaksud yaitu Reksa Dana EMCO Mantap, Reksa Dana EMCO Growth Fund, Reksa Dana Syariah EMCO Saham Barokah Syariah, dan Reksa dana EMCO Pesona.

Oleh karena itu, manajemen meminta dukungan dan pengertian kepada nasabah dalam bentuk tidak melakukan transaksi penarikan dana (redemption) untuk sementara waktu sampai NAB membaik. "Hal tersebut dapat membantu kami dalam proses pemulihan kinerja reksa dana saham," tulis Eddy dalam surat yang kepada nasabah yang dikutip Bisnis.com, Selasa (28/1/2020).

Emco Asset Management melalui keterangan resmi di laman perseroan menyebut semua produk reksa dana yang dikelola perseroan berjalan normal. Dalam publikasi pada 3 Desember 2019, manajemen membantah pemberitaan terkait gagal bayar reksa dana yang dikelola perseroan. "Pemberitaan tersebut tidak berdasarkan fakta yang ada dan tidak benar," tulis manajemen.

Bisnis.com sudah mengajukan konfirmasi kepada manajemen Emco Asset Management melalui surat elektronik. Hingga berita ini ditulis, belum ada respon dari manajemen.

Berdasarkan data dari Infovesta, per 27 Januari 2020, kinerja empat produk reksa dana besutan EMCO Asset Management terkoreksi dalam sebulan terakhir. NAB Emco Growth Fund terkoreksi -18,75 persen, disusul Emco Mantap (-23,45 persen), Emco Pesona (-19,32 pesen), dan Emco Saham Barokah Syariah (-16,84 persen). 

Dalam setahun terakhir, kecuali Emco Pesona, tiga reksa dana Emco Asset Management juga terkoreksi cukup dalam. Emco Growth Fund turun -69,13 persen sedangkan Emco Mantap dan Emco Saham Barokah Syariah juga terjungkal masing-masing -66,17 persen dan -68,99 persen.

Emco Growth Fund ditawarkan kepada nasabah sejak 11 Maret 2008 sedangkan EMCO Mantap sudah dirilis pada 11 Agustus 2005. Kemudian, EMCO Saham Barokah Syariah dirilis pada 15 Mei 2015. Adapun EMCO Pesona baru dirilis pada 8 Oktober 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper