Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LOMBA KSEI 2019: Bisnis Indonesia Juara Pertama

Harian Bisnis Indonesia mengantongi juara pertama penulisan artikel dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Perlombaan ini menjadi bagian dari perayaan usia ke-22 tahun KSEI.
Bisnis Indonesia./Repro
Bisnis Indonesia./Repro

Bisnis.com, JAKARTA - Harian Bisnis Indonesia mengantongi juara pertama penulisan artikel dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Perlombaan ini menjadi bagian dari perayaan usia ke-22 tahun KSEI.

Melalui perlombaan ini, wartawan diminta untuk terlibat menuliskan inovasi, pengembangan infrastruktur yang telah dilakukan KSEI.  Adapun pencapaian dan pengembangan infrastruktur telah dilakukan KSEI sepanjang 2019, antara lain penerapan penyelesaian transaksi dana melalui Bank Sentral atau Bank Indonesia (BI) secara menyeluruh untuk penyelesaian transaksi Efek di Pasar Modal pada 9 Agustus 2019.

Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo  menuturkan KSEI telah mengimplementasikan pengembahan C-BEST Next-G tahap kedua yakni penambahan modul corporate action (CA) pada 9 Desember 2019. Dengan adanya modul tersebut, maka proses distribusi CA kini telah dapat dilaksanakan di C-BEST Next-G.

Selain itu, kecepatan pemrosesan di C-BEST Next-G juga meningkat dari 20.000 instruksi per menit menjadi 80.000 instruksi per menit atau meningkat 4 kali lipat. Jika dibandingkan dengan kecepatan pemrosesan C-BEST versi sebelumnya, maka kecepatan pemrosesan secara total telah meningkat sekitar 40 kali lipat.

Uriep menambahkan, untuk rencana strategis yang ditargetkan akan diimplementasikan pada tahun 2020 meliputi implementasi plaform e-Proxy, penambahan kemudahaan untuk Simplifikasi Pembukaan Rekening dan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).
 
Dalam waktu dekat, KSEI berencana untuk segera menerapkan e-Proxy di Indonesia. E-proxy platform merupakan alternatif untuk memberikan kuasa kehadiran melalui sarana elektronik kepada pihak ketiga apabila investor tidak dapat menghadiri RUPS.

Jajaran direksi KSEI menilai inovasi tersebut tak terlepas dari publikasi yang dilakukan oleh jurnalis yang melakukan liputan di pasar modal. Perlombaan ini bertujuan untuk mengapresiasi karya terbaik jurnalis.

Berikut nama-nama pemenang artikel cetak:
Juara 1        Emanuel Caesario dari Harian Bisnis Indonesia
Juara 2        Jakfar Shodik
Juara 3        Ahmad Nabhani

Adapun pemenang artikel online:
Juara 1     Danang Sugianto
Juara 2        Citro Atmoko
Juara 3        Rani Hardjanti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper