Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

XL Axiata (EXCL) Targetkan Lelang Menara Rampung pada Maret 2020

PT XL Axiata Tbk. (EXCL) sedang melelang menara telekomunikasi milik perseroan untuk memperoleh dana segar dan fokus pada bisnis inti.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 11 Desember 2019  |  20:20 WIB
CEO PT XL Axiata Tbk. Dian Siswarini - XL Axiata
CEO PT XL Axiata Tbk. Dian Siswarini - XL Axiata

Bisnis.com, JAKARTA-PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menargetkan proses lelang menara bakal rampung pada Maret 2020.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan saat ini lelang masih berlangsung. Kendati demikian, dia tak memberikan keterangan lengkap terkait dengan peserta lelang yang terlibat. Pastinya, Dian menargetkan agar proses rampung pada akhir kuartal I/2020.

“Selesainya pertengahan sampai akhir kuartal I/2020,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, belum lama ini.

Adapun, langkah penjualan menara ditempuh sebagai cara untuk menggalang dana. Seperti diketahui, sekira 3.000 menara tengah ditawarkan. Penjualan menara EXCL telah dilakukan ketiga kalinya.

Sebelumnya, XL menjual 3.500 menara kepada PT Solusi Tunas Pratama pada 2014 senilai Rp5,6 triliun. Lalu, pada 2016 perseroan melepas 2.500 menara dan meraih dana Rp3,6 triliun dari anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR) yakni PT Profesional Telekomunikasi Indonesia atau Protelindo.

Sebelumnya, Direktur Keuangan XL Axiata Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin mengatakan terdapat 4.500 menara yang berpotensi dijual. 4.500 menara tersebut sebelumnya merupakan menara strategis yang menentukan nasib kelangsungan menara lainnya. Pasalnya, sistem terdahulu menyebabkan 4.500 menara itu terlalu riskan bila pengoperasiannya diserahkan ke pihak lain.

Namun dengan arsitektur jaringan saat ini yang terdistribusi, menara ini memungkinkan untuk dijual karena pengoperasian menara lain tak akan terganggu.

"Kalau kami bisa jual semua, ya kami jual semua," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata operator telekomunikasi
Editor : Ana Noviani
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top