Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Indeks Saham Rabu (4/12/2019), Cenderung Konsolidasi

Direktur PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pergerakan IHSG cenderung dalam rentang konsolidasi.
Pengunjung menggunakan ponsel di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di BEI, Jakarta, Selasa (11/6/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan
Pengunjung menggunakan ponsel di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di BEI, Jakarta, Selasa (11/6/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (4/12/2019) diperkirakan bakal bertahan di zona hijau meskipun pergerakannya terbatas karena minimnya sentimen.

Dikutip dari hasil risetnya, Selasa (3/12/2019), Direktur PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pergerakan IHSG cenderung dalam rentang konsolidasi. Namun, dia berujar secara teknis pergerakan IHSG masih berpeluang menguat pada perdagangan hari ini. Hal itu terlihat pada pergerakan di titik support yang cukup terjaga.

Di sisi lain, aliran dana asing secara tahun berjalan (year to date/YTD) di pasar saham masih lebih besar dibandingkan dengan nilai dana yang keluar di periode yang sama tahun lalu. Oleh karena itu, dia menganggap pergerakan IHSG akan berada di rentang 5.989 hingga 6.189.

Adapun, pada perdagangan sebelumnya kondisi pasar cukup kondusif terhadap penguatan IHSG meskipun mencatat penguatan tipis. Sebelumnya, IHSG berada di level 6.113 atau ditutup menguat sebesar 0,06 persen yang ditopang dari kinerja saham di sektor industri dasar yang naik 1,36 persen dan konsumsi yang naik 0,73 persen.

Atas proyeksi tersebut,  dia merekomendasikan saham beberapa emiten untuk dicermati pada perdagangan hari ini yakni TLKM, AALI, ICBP, WIKA dan GGRM. Kemudian saham emiten lain seperti EXCL, PWON dan BBNI agar turut menjadi perhatian pada perdagangan hari ini.

Capital inflow secara ytd yang masih tercatat lebih besar dibanding outflow sepanjang tahun sebelumnya masih menunjukkan minat investor terhadap pasar modal Indonesia, hari ini IHSG berpotensi menguat,” ujarnya.

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan dalam hasil risetnya, perdagangan hari ini juga bakal membawa IHSG ke zona hijau. Secara teknikal, dia menyebut pergerakan IHSG membentuk pola golden cross pada area negatif dari sisi indikator MACD. Sementara itu, indikator Stochastic dan RSI bergerak ke atas mendekati wilayah jenuh beli atau overbought.

Kendati demikian, terdapat pola upward bar yang mengindikasikan potensi berlanjutnya bullish pergerakan IHSG sehingga IHSG berpeluang menyentuh area resistensi. Dia memperkirakan pergerakan IHSG akan berada di titik support 6.086 hingga 6.062 dan titik resistensi berada di 6.149 hingga 6.193.

Atas proyeksi tersebut, dia merekomendasikan saham beberapa emiten seperti ACES, ASRI, BIRD, ITMG, LPKR dan PTPP untuk dicermati pada perdagangan hari ini.

“Terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi bullish continuation pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area resistance,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper