Wall Street Menanjak, Ini Pendorong Optimisme Pasar

Optimisme soal kesepakatan Brexit dan kuatnya laporan kinerja keuangan perusahaan turut mendongkrak tiga indeks saham utama di bursa Wall Street Amerika Serikat (AS) naik tajam pada akhir perdagangan Selasa (15/10/2019).
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 16 Oktober 2019  |  06:59 WIB
Wall Street Menanjak, Ini Pendorong Optimisme Pasar
New York Stock Exchange (NYSE) di Manhattan, New York City - REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Optimisme soal kesepakatan Brexit dan kuatnya laporan kinerja keuangan perusahaan turut mendongkrak tiga indeks saham utama di bursa Wall Street Amerika Serikat (AS) naik tajam pada akhir perdagangan Selasa (15/10/2019).

Berdasarkan data Reuters, indeks S&P 500 berakhir menanjak 1 persen di level 2.995,68, indeks Nasdaq Composite naik tajam 1,24 persen ke level 8.148,71, dan indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 0,89 persen di posisi 27.024,8.

Kabar bahwa para negosiator Uni Eropa dan Inggris hampir mencapai kesepakatan mengenai perpisahan Inggris dari Uni Eropa (Brexit) memicu penguatan di seluruh pasar ekuitas Eropa dan membantu mengangkat kenaikan Wall Street lebih lanjut pascarilis laporan kinerja keuangan yang kuat.

Nilai tukar pound sterling naik ke level tertingginya terhadap dolar AS dan euro sejak Mei setelah Bloomberg mengabarkan bahwa negosiator Inggris dan Uni Eropa mendekati kesepakatan soal draf Brexit.

Lonjakan saham tersebut serta merta meredakan kekhawatiran tentang dampak perang perdagangan AS-China yang berkepanjangan terhadap pertumbuhan global.

“Jika kita dapat menyelesaikan masalah perdagangan China dan memiliki resolusi yang cukup baik untuk masalah Brexit dengan Inggris, itu menambah rasa optimisme terhadap pasar bersama laporan kinerja keuangan hari ini,” ujar Rick Meckler, seorang mitra di Cherry Lane Investments.

Menurut David Joy, kepala strategi pasar di Ameriprise Financial, pasar mungkin mendapat kabar baik dari dua penggerak utama yakni perang dagang AS-China dan Brexit.

"Hal-hal dengan Brexit tampaknya bergerak cukup cepat," tutur Joy, dikutip dari Reuters.

Sementara itu, hasil yang optimistis dari JPMorgan Chase & Co, UnitedHealth Group Inc., dan Johnson & Johnson meredakan kekhawatiran tentang dampak dari perang dagang AS-China yang berkepanjangan terhadap perusahaan-perusahaan AS.

Saham JPMorgan mencapai rekor tertinggi dan naik 3,01 persen, sementara saham UnitedHeath melonjak 8,16 persen dan J&J naik 1,62 persen.

Pergerakan Bursa Wall Street 15 Oktober

Indeks

Level

Perubahan (persen)

Dow Jones

27.024,8

+0,89

S&P 500

2.995,68

+1

Nasdaq

8.148,71

+1,24

Sumber: Reuters

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wall street, Brexit

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top