Perdagangan Perdana Pascalibur Sepekan, Indeks Shangai Composite Melesat

Bursa saham China bergerak menguat pada perdagangan hari ini, Selasa (8/10/2019), perdagangan hari pertama setelah libur nasional satu pekan penuh.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 08 Oktober 2019  |  10:55 WIB
Perdagangan Perdana Pascalibur Sepekan, Indeks Shangai Composite Melesat
Bursa China - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham China bergerak menguat pada perdagangan hari ini, Selasa (8/10/2019), perdagangan hari pertama setelah libur nasional satu pekan penuh.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks Shanghai Composite menguat 0,82 persen pada pukul 10.26 WIB, sedangkan indeks CSI 300 terantau menguat 1,1 persen.

Sejumlah saham menjadi pendorong, di antaranya Hong Kong Exchanges & Clearing Ltd. yang menguat 2,9 persen setelah membatalkan tawaran akuisisi London Stock Exchange Group Plc.

Menjelang pembicaraan perdagangan yang dijadwalkan pada Kamis pekan ini., para pejabat senior China mengindikasikan bahwa topik yang mereka ingin diskusikan telah mengerucut.

Saham emiten China yang diperdagangkan di bursa Hong Kong sedikit lebih rendah pekan lalu saat pasar saham daratan ditutup, sementara yuan offshore sedikit berubah hingga Senin. Indeks Hang Seng terpantau menguat 1 pesen pagi ini.

Sementara itu, saham Hangzhou Hikvision Digital Technology Co dan Zhejiang Dahua Technology Co menghentikan perdagangan setelah keduanya ditempatkan pada daftar hitam AS bersama dengan enam perusahaan teknologi Cina lainnya.

AS menuduh perusahaan-perusahaan yang masuk daftar hitam itu terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia terhadap minoritas Muslim di provinsi Xinjiang, China.

Seluruh emiten dalam daftar tersebut dilarang melakukan bisnis dengan perusahaan AS tanpa ijin dari pemerintah AS, meskipun beberapa perusahaan telah mempertahankan hubungan dengan perusahaan yang dilarang melalui anak perusahaan internasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa china

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top