Gandeng Tata Motors, Intraco Penta (INTA) Diversifikasi Produk

Pembukaan cabang, dealer, dan peluncuran model alat berat baru merupakan strategi diversifikasi emiten berkode saham INTA itu.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 08 Oktober 2019  |  11:54 WIB
Gandeng Tata Motors, Intraco Penta (INTA) Diversifikasi Produk
Jajaran Direksi PT Intraco Penta Tbk. dan Tata Motors Distribusi Indonesia usai Grand Opening Dealer 3S Tata Motors di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Intraco Penta Tbk. melakukan diversifikasi produk guna memacu kinerja perseroan di tengah melemahnya penjualan alat berat dengan membuka dealer 3S (sales, service & spare parts) alat berat di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Ekspansi usaha itu dilakukan Intraco Penta melalui cucu usahanya PT Pratama Wana Motor (PWM) yang merupakan anggota dari PT Intraco Penta Wahana (IPW). Grup emiten yang bergerak di bidang perdagangan alat berat dan konstruksi, pembangkit listrik, fabrikasi, infrastruktur, serta pembiayaan itu menggandeng Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI).

Eddy Rodianto, Direktur Keuangan Intraco Penta sekaligus Presiden Direktur (IPW), mengungkapkan bahwa pembukaan cabang, dealer, dan peluncuran model alat berat baru merupakan strategi diversifikasi emiten berkode saham INTA itu.

“[Pembukaan dealer] untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan yang beragam. Selain itu melalui strategi ini INTA berupaya mendongkrak penjualan melalui diversifikasi produk saat penjualan sektor tambang dan batu bara sedang lesu,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa (8/10/2019).

Eddy menambahkan pembukaan dealer resmi yang mendistribusikan produk-produk Tata Motor merupakan komitmen INTA untuk memastikan pelayanan purnajual yang maksimal terhadap produk-produk yang diageni. Dengan demikian, pelanggan mendapatkan performa atau uptime maksimal dari alat berat yang mereka beli.

Di bisnis alat berat, PT Intraco Penta Prima Servis (IPPS) merupakan agen alat berat merek Volvo, SDLG, dan Dressta. Sementara itu, penjualan dan layanan merek Sinotruk, Mahindra, Bobcat, Doosan, dan Sany Palfinger dibawahi PT Intraco Penta Wahana.

Dealer resmi Tata Motors di Balikpapan ini berdiri di atas lahan 3.000 m2 dengan luas ruang pajang 500 m2, dan luas bengkel 1.000 m2 yang dibekali fasilitas 6 stall untuk kendaraan pick up, dan 3 stall untuk kendaraan truk.

Di sis lain, TMDI optimistis produk unggulan Tata Motors  di sektor pertambangan, perkebunan, logistik, dan aplikasi general cargo akan mendapat respons yang baik di Balikpapan. Adapun produk unggulan tersebut, yakni kendaraan truk Tata Motors terutama Tata Prima 2528.K, Tata Ultra 1014, Tata Xenon XT (Double Cabin), dan Tata LPT 913.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kinerja emiten, intraco penta

Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top