Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramayana Lestari Sentosa (RALS) Kebut Pembukaan 5 Lifestyle Mal

Hingga 2020, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. menargetkan untuk membuka sebanyak 21 lifestyle mal.
Gerai Ramayana Prime di Cibubur. - Bisnis/Novita Sari Simamora
Gerai Ramayana Prime di Cibubur. - Bisnis/Novita Sari Simamora

Bisnis.com, JAKARTA — PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. akan melanjutkan transformasi tokonya pada semester II/2019 ini dengan membuka 5 gerai Ramayana dengan konsep lifestyle mal.

Setyadi Surya, Sekretaris Perusahaan Ramayana Lestari Sentosa, menjelaskan bahwa transformasi yang dilakukan perseroan guna menyasar konsumen pada segmen B hingga B+.

Lifestyle mal merupakan konsep ritel yang memiliki fasilitas food and beverage (f&b) dan hiburan. Menurutnya, perseroan tidak bisa mengandalkan penjualan hanya dari konsumen dari segmen C dan D yang memiliki pola beli musiman atau hanya setahun sekali pada momen-momen tertentu.

“Planning kami untuk lifestyle mal 5 toko lagi pada semester II/2019,” ujarnya di Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Dia menambahkan transformasi yang dilakukan perseroan tersebut telah dilakukan sejak 3 tahun yang lalu. Perseroan menyadari pentingnya transformasi guna terus mengikuti tren pasar.

Pada saat ini, perseroan telah memiliki 5 toko dengan jenis lifestyle mal yang memberikan kontribusi 9,2% terhadap penjualan perseroan. Hingga 2020, perseroan menargetkan untuk membuka sebanyak 21 lifestyle mal.

Setyadi mengungkapkan bahwa untuk setiap lifestyle mal yang dibuka oleh perseroan membutuhkan investasi senilai Rp25 miliar hingga Rp30 miliar. Adapun, pada tahun ini perseroan menganggarkan belanja modal senilai Rp250 miliar—Rp350 miliar.

“Kami sekarang melihat kaum milenial sekarang mengutamakan konsep lifestyle dari mal-mal yang ada, jadi mau tidak memaksa kami segera mengubah,” ungkapnya.

Selain konsep lifestyle mal, beberapa toko milik emiten berkode saham RALS tersebut bertransformasi dengan konsep yang menawarkan fasilitas hiburan di dalamnya.

Di beberapa tokonya, RALS bekerja sama dengan PT Nusantara Sejahtera Raya yang merupakan pemilik jaringan bioskop 21 Cineplex. Kerja sama tersebut untuk memberikan konsep ritel dengan layanan hiburan di dalamnya.

“Toko yang sudah lifestyle mal ada 5, toko yang ditransformasi dengan XXI 11 toko, toko yang ditransformasi ke segmen B ada 14 toko. Keseluruhan outlet kami adalah 117 outlet,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper