Japfa (JPFA) Bakal Tambah 6 Unit Rumah Potong Ayam

Emiten unggas, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. bakal menambah 6 unit rumah potong ayam dalam 2 tahun ke depan. 
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 24 April 2019  |  17:40 WIB
Japfa (JPFA) Bakal Tambah 6 Unit Rumah Potong Ayam
Kantor Japfa Comfeed - Ilustrasi/shareinv.com

Bisnis.com, YOGYAKARTA — Emiten unggas, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. bakal menambah 6 unit rumah potong ayam dalam 2 tahun ke depan. 

Achmad Damawi, Deputy Head of Commercial Poultry Division Japfa Comfeed mengungkapkan bahwa total rumah potong ayam (RPA) perseroan mencapai 16 unit dengan kapasitas bervariasi, mulai dari 15.000–40.000 ekor per hari per unit RPA. Alokasi belanja modal tiap RPA sekitar Rp30 miliar—Rp45 miliar.

Dengan demikian, potensi belanja modal untuk 6 unit RPA sekitar Rp180 miliar—Rp270 miliar. Dia mengungkapkan, konsumsi ayam per kapita di Indonesia masih sangat rendah sehingga bertumbuh

“Tahun ini, ada tambahan 2 RPA di Magelang dan Pemalang. Tahun depan, direncanakan 4 RPA di Jawa Timur, Sumatra Selatan dan Sulawesi Tengah,” ungkapnya kepada Bisnis.com, dikutip Rabu (24/4/2019).

Dia menambahkan, hasil produksi dari RPA sekitar 20% digunakan untuk produk daging olahan. Baru-baru ini, perseroan juga membangun laboratorium pascapanen peternakan yang akan digunakan untuk riset Universitas Gajah Mada. 

Belanja modal yang dialokasikan untuk laboratorium pascapanen tersebut sekitar Rp60 miliar-Rp65 miliar. Dia menambahkan, laboratorium tersebut bisa memotong sekitar 20.000 ekor ayam per hari dan produksinya dipasarkan ke restoran di Pulau Jawa hingga ke Kalimantan.

Pada tahun ini, JPFA bakal mengalokasikan belanja modal senilai Rp3 triliun. Adapun, sekitar 70% akan digunakan untuk bisnis unggas. Belanja modal pada tahun ini, naik 31% dari posisi 2018 senilai Rp2,28 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
japfa comfeed, kinerja emiten

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top