Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Penerbitan SBN Tembus Rp330 Triliun pada Kuartal I/2019

Realisasi penerbitan surat berharga negara (SBN) bruto di sepanjang kuartal pertama 2019 mencapai Rp330,1 triliun. Nilai tersebut mencapai 39,98% dari target penerbitan SBN bruto di sepanjang 2019 senilai Rp825,7 triliun.
SURAT UTANG NEGARA
SURAT UTANG NEGARA

Bisnis.com, JAKARTA - Realisasi penerbitan surat berharga negara (SBN) bruto di sepanjang kuartal pertama 2019 mencapai Rp330,1 triliun. Nilai tersebut mencapai 39,98% dari target penerbitan SBN bruto di sepanjang 2019 senilai Rp825,7 triliun.

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jendral Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Loto Srinaita Ginting mengungkapkan pencapaian tersebut masih sesuai dengan proyeksi yang ditetapkan di dalam APBN 2019.

"Sejauh ini masih on track, minat asing dan domestik masih cukup favorable melihat instrumen Indonesia," ujarnya di Jakarta, Senin (4/1/2019).

Dirinya mengestimasi pemerintah akan menerbitkan SBN bruto sebesar 50%-60% di sepanjang semester pertama 2019. Berbagai instrumen yang diterbitkan mencakup SBN ritel, SBN valas, maupun SBN reguler.

Pembiayaan yang ditarik melalui penerbitan SBN tersebut disebutnya terutama dipergunakan untuk mendanai sejumlah program. Beberapa di antaranya meliputi proyek infrastruktur, peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan, serta dukungan pendanaan untuk pembangunan desa.

"Dana itu di-pooling dan didistribusikan ke dalam anggaran yang sudah ditetapkan di dalam APBN," ujarnya.

Sedangkan, SBN jatuh tempo di sepanjang kuartal pertama 2019 tercatat mencapai Rp148,1 triliun. Nilai tersebut mencapai 38% dari total utang jatuh tempo di sepanjang 2019 senilai Rp382,4 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper