Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilarmas Sekuritas: Sentimen Perang Dagang Masih Warnai Pergerakan IHSG

Pilarmas Investindo Sekuritas memperkirakan sentimen IHSG pagi ini, Rabu (27/3/2019), akan datang dari pertemuan antara Amerika dan China pada hari Kamis dan Jumat pekan ini.

Bisnis.com, JAKARTA--Pilarmas Investindo Sekuritas memperkirakan sentimen IHSG pagi ini, Rabu (27/3/2019), akan datang dari pertemuan antara Amerika dan China pada hari Kamis dan Jumat pekan ini.

Maximilianus Nico Demus, Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas, mengatakan bahwa delegasi yang diutus, Robert dan Steven akan mengunjungi China, yang akan dilanjutkan dengan kedatangan Wakil Perdana Menteri Liu He minggu depannya lagi ke Amerika.

Dalam wawancara terpisah, Robert menyampaikan bahwa dia ingin kesepakatan itu terjadi. Namun, di satu sisi, dia tidak dapat berharap banyak bahwa kesepakatan itu akan terjadi, tetapi dirinya akan mengusahakannya.

Negosiator Amerika telah menyampaikan pendapatnya akan kekecewaannya terhadap China yang mundur dari janji sebelumnya, karena di satu sisi pejabat China melakukan penolakan terhadap proposal yang China anggap sepihak.

Nico melihat hal ini sebagai sesuatu komitmen dari China sedari awal negosiasi ini, bahwa China tidak akan diam saja. China menginginkan perjanjian yang adil, setara, dan tentu berjalan dua arah.

Hal yang menarik, tampaknya Presiden Trump membutuhkan kesepakatan ini untuk dapat maju pada pemilu 2020 untuk mencalonkan diri kembali.

Hal ini secara tidak langsung akan memaksa Trump juga harus mengalah akan beberapa hal agar kesepakatan ini tercapai.

Beralih dari sana, Brexit kembali memanas. Brexit seakan tidak ada habis habisnya dikarenakan banyaknya kepentingan yang terjadi di dalam parlement.

Saat ini, parlemen sepertinya mulai merancang rencana saingan Brexit yang lebih baik dari yang May miliki. Namun, saat ini May tidak sendiri, Jacob Rees Mogg dari partai konservatif mengatakan bahwa meskipun dia tidak suka kesepakatannya, tetapi hal itu lebih baik daripada tinggal di Uni Eropa.

Fokus berikutnya adalah berusaha untuk mencapai kesepakatan melalui pemungutan suara di House of Commons pada hari Jumat pekan ini, atau Brexit akan mengalami penundaan yang berpotensi mundur lebih lama dari 29 Maret atau mungkin saja akan pergi meninggalkan Uni Eropa pada tanggal 12 April tanpa kesepakatan.

Beralih dari sana, Uni Eropa melalui Delegated Act-nya melarang penggunaan minyak kelapa sawit untuk biodiesel lantaran dinilai sebagai komoditas berisiko tinggi terhadap deforestasi.

Atas sikap tersebut, pimpinan DPR RI memprotes sikap Uni Eropa dalam mengadopsi Renewable Energy Directive II (RED II) dan aturan turunannya yang mendiskriminasi kelapa sawit sebagai minyak nabati.

Tindakan Uni Eropa tersebut tidak mencerminkan selayaknya mitra strategis yang membangun hubungan baik dan saling menguntungkan.

Di sisi lain, sawit dan produk turunannya merupakan salah satu komoditas ekspor utama Indonesia dan pengolahannya mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Melemahnya harga CPO sejak titik tertingginya pada awal Januari 2019 masih belum ditandai adanya perbalikan arah harga.

"Kami melihat tekanan terhadap komoditas kelapa sawit masih cukup besar, sehingga emiten yang berada pada sektor ini masih dalam tekanan dalam jangka waktu pendek maupun menengah," katanya dalam riset harian, Rabu (27/3/2019).

"Secara teknikal, kami melihat saat ini IHSG bergerak bervariasi dengan kecenderungan menguat dalam jangka waktu pendek dan ditradingkan pada level 6.435 – 6.525," lanjutannya.

Pada perdagangan hari Selasa (26/3/2019), IHSG ditutup menguat 58 poin atau 0.92% ke level 6.469. Sektor basic industry, manufactur, consumer, misc industry dan finance memberikan kontribusi kenaikan terbesar pada perdagangan kemarin.

Investor asing mencatatkan pembelian bersih sebesar Rp338 miliar dengan saham – saham yang paling banyak jual di antaranya BBRI, INDF, HMSP, BRPT, BTPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper