Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Harga Minyak Sawit Makin Licin

Harga minyak sawit berjangka di Kuala Lumpur, Malaysia makin memanas. Pemicunya karena sentimen kenaikan kedelai pasar dan optimisme tentang permintaan ekspor.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 28 Januari 2019  |  21:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Harga minyak sawit berjangka di Kuala Lumpur, Malaysia makin memanas. Pemicunya karena sentimen kenaikan kedelai pasar dan optimisme tentang permintaan ekspor.

Hingga pukul 20:00 WIB, harga CPO kontrak April di Bursa Derivatif Malaysia naik sebesar 1,44% atau 33,00 poin menjadi MYR2,327.00 per ton, usai ditutup melemah 0,13% akhir pekan lalu (25/1/2019).

Paramalingam Supramaniam, direktur pialang yang berbasis di Selangor, Pelindung Bestari mengatakan, pasar didukung peningkatan harga minyak kedelai dan ekspektasi ekspor kelapa sawit yang akan lebih baik dari perkiraan.

Selain itu, permintaan juga bakal ditopang oleh permintaan jelang Tahun Baru Imlek, 5 Februari mendatang.

“Pertemuan antar negara-negara penghasil kelapa sawit bulan depan yang bertujuan mengatasi pembatasan dari Uni Eropa juga dapat memberikan dukungan terhadap [kenaikan] harga [sawit],” katanya dikutip dari Bloomberg, Senin (28/1/2019).

Berdasarkan laporan Badan Minyak Kelapa Sawit Malaysia (MPOC), persediaan minyak kelapa sawit Malaysia naik untuk yang ketujuh kalinya menjadi 3,22 juta ton atau naik 7% dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Sementara itu, jumlah produksi menurun 2% menjadi 1,81 juta ton sehingga total produksi minyak kelapa sawit mentah di Malaysia sepanjang 2018 menurun menjadi 19,5 juta ton dibandingkan dengan 2017 yang mencapai 19,9 juta ton.

Hal tersebut menjadi sebuah rekor baru akibat jumlah produksi yang lebih besar melampaui angka eskpor. Adapun, ekspor minyak kelapa sawitMalaysia meningkat 0,6% menjadi 1,38 juta ton, sedangkan impor minyak kelapa sawit Malaysia adalah 108,621 ton.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minyak sawit harga cpo
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top