Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AKR Corporindo (AKRA) Andalkan Pendapatan Non-BBM

Dalam kerja sama pengembangan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) bersama BP, PT AKR Corporindo megincar pendapatan dari bisnis non-Bahan Bakar Minyak (BBM).
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 30 Agustus 2018  |  21:26 WIB
Ilustrasi. - JIBI/Dwi Prasetya
Ilustrasi. - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam kerja sama pengembangan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) bersama BP, PT AKR Corporindo megincar pendapatan dari bisnis non-Bahan Bakar Minyak (BBM).

Presiden Direktur AKR Corporindo Haryanto Adikoesoemo menyampaikan, perusahaan mulai mengembangkan bisnis distribusi BBM ke pasar ritel melalui SPBU. Pada November 2018, joint venture (JV) AKR dengan BP akan mengoperasikan SPBU perdana. 

"Langkah kami bekerja sama dengan BP untuk memperbesar porsi pendapatan dari distribusi BBM ritel," tuturnya, Rabu (29/8/2018).

Per Juni 2018, AKRA membukukan pendapatan Rp11,21 triliun, naik 21,63% year-on-year (yoy) dari sebelumnya Rp9,22 triliun. Pemasukan dari distribusi BBM mencapai Rp8,16 triliun, atau 72,73% dari seluruh total pendapatan.

Sekitar 90% distribusi BBM AKRA dilakukan kepada segmen industri. Adapun, porsi penjualan ritel melalui SPBU hanya sebesar 10%.

Haryanto mengungkapkan, salah satu alasan perusahaan menggandeng BP untuk bisnis distribusi BBM ritel ialah karena memiliki konsep terintegrasi. Artinya, SPBU akan dilengkapi dengan toko serba ada (toserba),  serta bengkel servis mobil dan motor.

Keberadaan bengkel juga membuat AKRA dapat memacu penjualan pelumas merek Castrol. Kerja sama perseroan dan PT Castrol Indonesia dimulai pada April 2017.

"Dengan konsep SPBU terintegrasi, kami harapkan pelanggan berdatangan. Di sisi lain kami bisa meraih pendapatan dari penjualan non-fuel. Sebagai gambaran, sekitar 30%-40% pendapatan BP dari SPBU di luar negeri berasal dari bisnis non-fuel," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kinerja emiten akr corporindo
Editor : Pamuji Tri Nastiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top