Harapan Penangguhan Tarif AS Angkat Sektor Mobil, Bursa Eropa Menguat

Bursa saham Eropa menguat pada perdagangan Kamis (5/7/2018), setelah harapan melunaknya retorika perdagangan Amerika Serikat (AS) mengangkat sektor mobil, meskipun tetap ada sikap hati-hati menjelang tenggat waktu bagi pemerintah AS untuk memberlakukan tarif pada barang-barang China.
Renat Sofie Andriani | 06 Juli 2018 06:15 WIB
Indeks Stoxx - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa menguat pada perdagangan Kamis (5/7/2018), setelah harapan melunaknya retorika perdagangan Amerika Serikat (AS) mengangkat sektor mobil. Meskipun,  tetap ada sikap hati-hati menjelang tenggat waktu bagi pemerintah AS untuk memberlakukan tarif pada barang-barang China.

Pergerakan indeks saham acuan kawasan Eropa, Stoxx 600, ditutup dengan kenaikan 0,4%, sedangkan indeks DAX Jerman mendapat dorongan naik 1,2% lebih tinggi dari produsen mobil.

Saham Eropa telah diperdagangkan dalam kisaran sempit pekan ini untuk mengantisipasi pengenaan tarif AS terhadap impor China senilai US$34 miliar mulai Jumat (6/7/2018) waktu setempat.

Sektor-sektor yang paling terpukul oleh ketidakpastian atas perselisihan perdagangan membuat beberapa kemajuandalam perdagangan Kamis, dengan sektor mobil melonjak 3,4% dan sumber daya dasar naik 1,4%.

Saham BMW, Daimler, Porsche, dan Volkswagen asal Jerman yang termasuk di antara pendorong terbesar untuk Stoxx, ditutup 4%, menyusul laporan tentang tawaran AS untuk menangguhkan ancaman mengenakan tarif pada mobil-mobil yang diimpor dari Uni Eropa.

“Sekarang adalah saat yang tepat untuk membuat spekulasi berdasarkan asumsi bahwa tarif perdagangan ini mungkin tidak benar-benar terwujud,” kata analis Vertex Capital, Jasper Reimers, seperti dikutip Reuters.

Saham-saham produsen mobil telah berjuang sepanjang tahun ini,  namun tetap turun 7,8% untuk tahun ini, dan salah satu sektor berkinerja terburuk di Eropa.

Sektor teknologi Eropa, yang mendapat tekanan pada sesi perdagangan sebelumnya akibat larangan perusahaan asal AS Micron menjual beberapa chip-nya di China, kembali positif dengan kenaikan 1,2%.

Di sisi lain, update perusahaan-perusahaan menjadi fokus. Saham Sodexo asal Prancis membukukan penguatan terbesar pada Stoxx 600, dengan kenaikan 8,7%. Grup layanan makanan dan manajemen fasilitas ini mempertahankan target full year,  meski membukukan pertumbuhan penjualan kuartal ketiga yang lebih lambat.

Tag : bursa eropa
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top