Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harapan Penangguhan Tarif AS Angkat Sektor Mobil, Bursa Eropa Menguat

Bursa saham Eropa menguat pada perdagangan Kamis (5/7/2018), setelah harapan melunaknya retorika perdagangan Amerika Serikat (AS) mengangkat sektor mobil, meskipun tetap ada sikap hati-hati menjelang tenggat waktu bagi pemerintah AS untuk memberlakukan tarif pada barang-barang China.
Indeks Stoxx/Reuters
Indeks Stoxx/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa menguat pada perdagangan Kamis (5/7/2018), setelah harapan melunaknya retorika perdagangan Amerika Serikat (AS) mengangkat sektor mobil. Meskipun,  tetap ada sikap hati-hati menjelang tenggat waktu bagi pemerintah AS untuk memberlakukan tarif pada barang-barang China.

Pergerakan indeks saham acuan kawasan Eropa, Stoxx 600, ditutup dengan kenaikan 0,4%, sedangkan indeks DAX Jerman mendapat dorongan naik 1,2% lebih tinggi dari produsen mobil.

Saham Eropa telah diperdagangkan dalam kisaran sempit pekan ini untuk mengantisipasi pengenaan tarif AS terhadap impor China senilai US$34 miliar mulai Jumat (6/7/2018) waktu setempat.

Sektor-sektor yang paling terpukul oleh ketidakpastian atas perselisihan perdagangan membuat beberapa kemajuandalam perdagangan Kamis, dengan sektor mobil melonjak 3,4% dan sumber daya dasar naik 1,4%.

Saham BMW, Daimler, Porsche, dan Volkswagen asal Jerman yang termasuk di antara pendorong terbesar untuk Stoxx, ditutup 4%, menyusul laporan tentang tawaran AS untuk menangguhkan ancaman mengenakan tarif pada mobil-mobil yang diimpor dari Uni Eropa.

“Sekarang adalah saat yang tepat untuk membuat spekulasi berdasarkan asumsi bahwa tarif perdagangan ini mungkin tidak benar-benar terwujud,” kata analis Vertex Capital, Jasper Reimers, seperti dikutip Reuters.

Saham-saham produsen mobil telah berjuang sepanjang tahun ini,  namun tetap turun 7,8% untuk tahun ini, dan salah satu sektor berkinerja terburuk di Eropa.

Sektor teknologi Eropa, yang mendapat tekanan pada sesi perdagangan sebelumnya akibat larangan perusahaan asal AS Micron menjual beberapa chip-nya di China, kembali positif dengan kenaikan 1,2%.

Di sisi lain, update perusahaan-perusahaan menjadi fokus. Saham Sodexo asal Prancis membukukan penguatan terbesar pada Stoxx 600, dengan kenaikan 8,7%. Grup layanan makanan dan manajemen fasilitas ini mempertahankan target full year,  meski membukukan pertumbuhan penjualan kuartal ketiga yang lebih lambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper