Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jual Federal Karyatama, Mitra Pinasthika Mustika (MPMX) Bakal Kantongi US$436 Juta

Emiten perdagangan, jasa, industri dan pengangkutan darat, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. bakal mengantongi dana senilai US$436 juta dari penjualan saham PT Federal Karyatama.
PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk./Istimewa
PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten perdagangan, jasa, industri dan pengangkutan darat, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. bakal mengantongi dana senilai US$436 juta dari penjualan saham PT Federal Karyatama.

Dalam prospektus yang dipublikasikan, Kamis (3/5/2018), emiten bersandi saham MPMX ini menjual 100% Federal Karyatama (FKT) kepada Esso Petroleum Company Limited (ESSO) dan ExxonMobil UK Limited (EMUKL). Saham yang dimiliki MPMX tersebut sebanyak 423.599 saham dan yang dimiliki secara tidak langsung melalu PT Mitra Pinasthika Mulia sebanyak 1 saham.

Bila menggunakan kurs tengah Bank Indonesia pada 29 Desember 2017 senilai RP13.548 per dolar AS, maka US$436 juta setara dengan Rp5,9 triliun. Adapun rencana penjualan saham FKT tersebut merupakan langkah dari tranformasi Grup Mitra Pinasthika Mustika ke bisnis model yang lebih fokus ke mata rantai dan bersifat platform dengan aset yang ringan.

Grup MPMX ini juga akan terus menjadi rekan bisnis FKT yang penting untuk mengkomersialkan produk, mendistribusikan produk di area-area kunci Indonesia, dan modernisasi mata rantai perseroan dengan teknologi dan digitalisasi.

Rencana transaksi ini dilakukan oleh MPMX untuk memberikan hasil investasi yang optimal dan dipercaya dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi perseroan, pemangku kepentingan dan pemegang saham perseroan.

Dampak positif yang akan diperoleh MPMX adalah penambahan modal kerja untuk pengembangan usaha yang memberikan nilai tambah lebih kepada pemegang saham. Selain itu, MPMX juga akan membayar sebagian utang guna mengurangi beban bunga perseroan.

Atas rencana transaksi tersebut, MPMX akan melakukan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 6 Juni 2018. Sebagai informasi, nilai aset yang dimiliki MPMX per Desember 2017 senilai Rp1,26 triliun yang terdiri dari liabilitas senilai Rp302,55 miliar dan ekuitas senilai Rp960,37 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper