Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi IHSG (13/4/2018): Indeks Masih Loyo, Cermati Saham-Saham Ini!

Indeks harga saham gabungan diproyeksikan masih mendarat di zona merah pada perdagangan hari ini.
Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Dealing Room Bank Permata, Jakarta, Rabu (4/4/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Dealing Room Bank Permata, Jakarta, Rabu (4/4/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA--Indeks harga saham gabungan diproyeksikan masih mendarat di zona merah pada perdagangan hari ini.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali tersungkur ke zona merah atau terkoreksi 50,13 poin di level 6.310,80 pada penutupan perdagangan, Kamis (12/4). Koreksi kembali terjadi setelah terjadi reli penguatan dalam tiga hari sebelumnya.

Sektor saham aneka industri dan sektor saham infrastruktur menjadi penekan pergerakan IHSG dengan koreksi masing-masing 2,30% dan 1,61%. Tidak jauh berbeda, mayoritas indeks saham di Asia juga terkoreksi seperti Indeks KOSPI 0,06%, Indeks Nikkei 0,12%, dan Indeks HSI 0,21%.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan, daily pivot dari Bloomberg menunjukkan support pertama maupun kedua memiliki rentang level 6281.72 hingga 6252.65. Sementara itu, resistance pertama maupun kedua memiliki rentang level 6.348,01 hingga 6.385,21.

Nafan menyebut berdasarkan indikator daily MACD telah berhasil membentuk pola golden cross di area negatif. Namun, stokastik dan RSI mulai bergerak menurun di area netral.

“Terlihat pola bearish engulfing line candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi pelemahan pada pergerakan indeks saham. IHSG akan menuju ke area support di level 6.282 dan 6.253,” ujarnya dalam riset harian yang dikutip Bisnis.com, Kamis (12/4).

Analis PT Erdhika Elit Sekuritas Hendri Widiantoro menjelaskan bahwa indeks ditutup melemah membentuk pola candle evening star. Menurutnya, terjadi dead cross pada stokastik di areal overbought yang menjadi indikasi kekuatan bullish sudah lemah.

Hendri memproyeksikan indeks akan bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Rentang pergerakan berada di level support 6.262 dan resistance 6.386.

Di sisi lain, Vice President Research Department PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memprediksi IHSG masih akan berusaha menggeser rentang konsolidasi ke arah yang lebih baik. Level support teruji terlihat cukup kuat dipertahankan.

Dia memperkirakan pergerakan indeks akan berada di level support 6.171 dan resistance 6.389. IHSG berpotensi menguat dengan harapan kembalinya capital inflow.

Indosurya Bersinar Sekuritas merekomendasikan saham KLBF, SRIL, GGRM, JSMR, TLKM, HMSP, ICBP, MYOR, dan BBNI.

Sementara itu, Binaartha Sekuritas merekomendasikan saham ADHI, BBNI, BWPT, GZCO, SMGR, dan SOCI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper