Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Batu Bara Terus Tertekan

Harga batu bara terus tertekan dan kembali turun lebih dari satu persen pada akhir perdagangan Senin (19/3/2018).
Tempat penampungan batu bara./Bloomberg-Andrew Harrer
Tempat penampungan batu bara./Bloomberg-Andrew Harrer

Bisnis.com, JAKARTA – Harga batu bara terus tertekan dan kembali turun lebih dari satu persen pada akhir perdagangan Senin (19/3/2018).

Pada perdagangan Senin, harga batu bara untuk kontrak Januari 2019 berakhir merosot 1,16% atau 0,90 poin di US$76,50/metrik ton.

Adapun pada perdagangan Jumat (16/3), harga batu bara juga berakhir turun lebih dari satu persen dengan pelemahan sebesar 1,15% atau 0,90 poin di posisi 77,40.

Harga batu bara kontrak Januari 2019 telah melemah untuk hari keempat berturut-turut setelah ditutup merosot 1,57% di posisi 78,55 pada perdagangan Rabu (14/3).

Di sisi lain, harga minyak mentah melemah untuk pertama kalinya dalam beberapa sesi seiring dengan pelemahan bursa saham global menyusul pertumbuhan produksi minyak yang melonjak dari pengebor minyak shale AS.

Minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman April, yang berakhir pada Selasa, ditutup turun 0,4% atau 0,28 poin di level US$62,06 per barel di New York Mercantile Exchange. Total volume yang diperdagangkan mencapai 30% di bawah rata-rata 100-hari.

Adapun minyak Brent untuk pengiriman Mei berakhir turun 0,16 poin di level US$66,05 di bursa ICE Futures Europe yang berbasis di London. Patokan global berada pada premium US$3,92 untuk WTI dengan kontrak bulan yang sama.

Dilansir Bloomberg, investor melakukan aksi jual saham karena menurunnya minat kepemilikan aset berisiko di seluruh dunia.

Kecemasan itu bergejolak hingga pasar minyak mentah yang belum terselesaikan atas peningkatan aktivitas pengeboran oleh pengebor minyak shale AS serta kenaikan cadangan minyak yang telah meningkat dalam enam dari tujuh pekan terakhir.

“Kami harus terus [melihat meningkatnya produksi dan persediaan AS]. Jika kita melihat aksi jual saham lebih lanjut, pelemahan minyak mentah mungkin akan makin dalam,” ungkap Tariq Zahir, manajer investasi komoditas Tyche Capital Advisors LLC, seperti dikutip Bloomberg.

Penguatan minyak mentah AS telah terhenti bulan ini setelah mencatat penurunan bulan terburuk dalam setengah dekade terakhir pada Februari. Peningkatan output minyak mentah AS telah menekan upaya Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk mengurangi pasokan global.

Pada hari Minggu, Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan negaranya tetap berkomitmen pada pakta yang dipimpin OPEC untuk membatasi pasokan, yang mungkin perlu diperpanjang hingga 2019.

Sekretaris Jenderal OPEC Mohammad Barkindo mengatakan, para produsen minyak OPEC dan sekutu fokus pada implementasi penuh pembatasan output yang dimaksudkan untuk mengurangi kelebihan pasokan.

Pergerakan harga batu bara kontrak Januari 2019 di bursa Rotterdam

Tanggal                                    

US$/MT

19 Maret

76,50

(-1,16%)

16 Maret

77,40

(-1,15%)

15 Maret

78,30

(-0,32%)

14 Maret

78,55

(-1,57%)

13 Maret

79,80

(+1,01%)

 

 

 

 

 

Sumber: Bloomberg

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper