Sektor-Sektor Ini Akan Hoki di Tahun Anjing Tanah

Pakar Feng Shui menilai karakter anjing tanah pada 2018 akan menyebabkan arah bisnis cenderung tertahan oleh sifat konservatif pelaku usaha atau pengambil kebijakan.
Emanuel B. Caesario | 15 Februari 2018 07:57 WIB
Warga Etnis Tionghoa memandikan Altar Dewa Dewi, di Klenteng Hok Tek Bio, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (11/2). Sebanyak tujuh altar dewa dewi dimandikan dan dibersihkan untuk menyambut tahun baru Imlek 2569 atau mengawali tahun Anjing Tanah dengan perayaan pada 16 Februari 2018. ANTARA FOTO - Adeng Bustomi

Bisnis.com, JAKARTA—Pakar Feng Shui menilai karakter anjing tanah pada 2018 akan menyebabkan arah bisnis cenderung tertahan oleh sifat konservatif pelaku usaha atau pengambil kebijakan.

Master Xiang Yi, Pakar Feng Shui, mengatakan bahwa unsur tanah akan menjadi unsur dominan yang memengaruhi dinamika kehidupan 2018. Unsur ini identik dengan sifat rendah hati, diam atau tidak dinamis, konservatif, lama, lambat, kuno, tidak bisa digoncang dan teguh.

Tahun yang dipengaruhi unsur tanah akan banyak memunculkan peristiwa atau berita-berita yang berhubungan dengan sifat tanah.

Dalam dunia bisnis, sektor-sektor bisnis yang terkait dengan sifat dan unsur tanah akan mendapatkan momentumnya. Sektor-sektor tersebut antara lain pertambangan, semen, keramik, kaca, pertanahan, logam mulia dan sedikit pada properti.

Namun, kuatnya pengaruh unsur tanah juga menyebabkan sifat-sifat tanah akan menjadi penghambat bisnis secara umum, misalnya pemikiran atau kebijakan pemerintah yang agak ketinggalan atau berkaitan dengan isu-isu lama. Bencana terkait tanah juga akan umum terjadi.

“Segala sesuatu yang berhubungan dengan tanah itu akan menjadi pembuat berita dan biasanya yang negatif yang cenderung diberitakan. Tentu ada yang positif. Tidak perlu heran bila ada kebijakan terkait hal-hal lama,” katanya, Rabu (14/2/2018).

Xiang Yi menilai, bidang-bidang usaha yang terkait dengan elemen yang lebih bersifat dinamis justru akan diuntungkan oleh sifat tanah, yakni air dan api. Elemen-elemen ini mampu menyesuaikan diri ketika menghadapi kencederungan bisnis yang konservatif.

Elemen air mencakup bidang usaha transportasi dan ekspedisi, minuman, dan cairan. Selain itu, juga produk usaha yang sifatnya terus dibutuhkan seperti FMCG, makanan, kuliner, pakaian sehari-hari. Bisnis di sektor ini menurutnya akan cukup baik kinerjanya tahun ini.

Sementara itu, unsur api akan menyusul di belakangnya, yang sektor-sektor yang sangat dinamis dengan produk-produk yang cepat usang atau berganti, seperti bisnis alat telekomunikasi, media, data, dan bursa efek.

“Elemen lainnya seperti kayu dan logam itu disebut elemen yang nganggur, yang tahun ini tidak menonjol. Karena itu, sektor-sektor di elemen ini tidak akan terlalu banyak dibicarakan,” katanya.

Meski begitu, lanjutnya, pada prinsipnya analisis peruntungan berdasarkan elemen utama setiap tahun sifatnya sangat umum dan hanya berlaku sebagian besar pada hal-hal umum, bukan pada individu.

Oleh karena itu, faktor individu bisa mengubah arah peruntungan yang dipengaruhi oleh elemen dominan di tahun tertentu.

Tag : fengshui
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top