Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2018, Solusi Tunas Pratama (SUPR) Bangun 500 Menara

Emiten menara telekomunikasi PT Solusi Tunas Pratama Tbk. menargetkan dapat membangun 500 600 menara jaringan sepanjang tahun ini, atau naik 10% dari total menara yang dimiliki perseroan saat ini sekitar 6.600 tower.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

SUPR Bangun 500 Menara di 2018

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten menara telekomunikasi PT Solusi Tunas Pratama Tbk. menargetkan dapat membangun 500— 600 menara jaringan sepanjang tahun ini, atau naik 10% dari total menara yang dimiliki perseroan saat ini sekitar 6.600 tower.

Direktur Operasional PT Solusi Tunas Pratama Tbk. Eko Abdurrahman Saleh menyampaikan perseroan siap membangun menara sesuai dengan arah ekspansi perusahaan telekomunikasi nasional.

“Sepanjang tahun ini kami siapkan belanja modal untuk membangun 500—600 menara tapi kami siap jika ada permintaan lebih dari itu. Kami menunggu ekspansi dari perusahaan operator, tidak hanya untuk bangun menara tapi infrastruktur lain seperti fiber optik dan mikrosel,” ujar Eko saat ditemui di gedung Bursa Efek Indonesia, Kamis (25/1/2018).

Eko menyampaikan saat ini sebagian besar dari lebih dari 6.000 menara milik perseroan dikerjasamakan dengan PT XL Axiata Tbk, disusul oleh Tri Indonesia dan Telkom Group. Adapun, PT XL Axiata berkontribusi hingga 40% dari total bisnis sewa menara Solusi Tunas Pratama.

Untuk dapat membangun sebuah menara telekomunikasi, perusahaan menyiapkan dana bervariasi mulai dari Rp700 juta hingga Rp1 miliar. Menurut Eko, dana yang dibelanjakan perusahaan untuk membangun sebuah menara tergantung pada jenis menara dan wilayah di mana menara itu dibangun.

Sayangnya, dia enggan membeberkan berapa jumlah total belanja modal (capital expenditure/capex) yang digelontorkan emiten dengan kode saham SUPR tersebut pada tahun ini, meski sejumlah kontrak pembangunan menara sudah ditandatangani.

“Posisi menaranya ada di seluruh Indonesia, kami optimis bisa 500—600 terbangun tahun ini. Jenis menaranya ada macam-macam. Sejauh ini yang sudah kontrak, paling banyak [pesanan] dari Telkomsel,” ungkap Eko.

Adapun, Eko menyebut perusahaan juga membuka peluang untuk melakukan ekspansi anorganik, namun menolak memberikan informasi peluang apa yang sedang dijajaki perseroan. Sebagaimana diketahui, belum lama ini beredar informasi bahwa emiten menara milik Grup Djarum, PT Sarana Menara Nusantara Tbk sedang menjajaki peluang akuisisi SUPR.

Sebagai catatan, SUPR mengaloaiskan capex Rp600 miliar—Rp700 miliar pada 2016, dan sekitar Rp700 miliar – Rp800 miliar pada 2017 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dara Aziliya
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper