Booming M&A Dongkrak Saham, Indeks Stoxx Menguat

Pergerakan bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan Selasa (12/12), didorong aksi merger dan akuisisi (M&A) yang mendongkrak penguatan saham Gemalto.
Renat Sofie Andriani | 13 Desember 2017 06:01 WIB
Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA- Pergerakan bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan Selasa (12/12), didorong aksi merger dan akuisisi (M&A) yang mendongkrak penguatan saham Gemalto.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,66%, dengan saham Gemalto, perusahaan jasa keamanan digital yang berbasis di Belanda, melonjak 34,6% menyusul penawaran senilai 4,3 miliar euro dari konsultan teknologi asal Prancis, Atos.

Saham Gemalto, yang telah terdampak oleh empat peringatan tentang laba dalam setahun, mendorong penguatan Stoxx pada perdagangan Selasa sekaligus membantu mengangkat sektor teknologi naik.

Di sisi lain, saham Unibail-Rodamco turun 4,1% setelah kelompok real estat komersial Prancis itu menawarkan untuk membeli saham pemilik pusat perbelanjaan Westfield Corp seharga US$16 miliar.

“Tahun ini berakhir dengan booming M&A di pasar Prancis,” tulis analis Cheuvreux Kepler, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (13/12/2017).

“Meski akuisisi Gemalto bukan sesuatu yang langsung kami perkirakan, manajemen Atos memiliki track record yang kuat untuk memperbaiki perusahaan,” tambah mereka.

Akuisisi Unibail terhadap Westfield disebut akan akhirnya membantu mendapatkan eksposur Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Penguatan harga minyak sebelumnya juga berhasil mendorong indeks saham Eropa untuk perusahaan energi, dengan sektor minyak dan gas pada Stoxx 600 naik 1,56%.

Saham minyak pun reli setelah harga minyak menembus US$65 per barel untuk pertama kalinya sejak pertengahan 2015, menyusul penutupan pada pipa saluran minyak Laut Utara di Inggris.

Tag : indeks stoxx 600
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top