Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Booming M&A Dongkrak Saham, Indeks Stoxx Menguat

Pergerakan bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan Selasa (12/12), didorong aksi merger dan akuisisi (M&A) yang mendongkrak penguatan saham Gemalto.
Bursa Eropa/Reuters
Bursa Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA- Pergerakan bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan Selasa (12/12), didorong aksi merger dan akuisisi (M&A) yang mendongkrak penguatan saham Gemalto.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,66%, dengan saham Gemalto, perusahaan jasa keamanan digital yang berbasis di Belanda, melonjak 34,6% menyusul penawaran senilai 4,3 miliar euro dari konsultan teknologi asal Prancis, Atos.

Saham Gemalto, yang telah terdampak oleh empat peringatan tentang laba dalam setahun, mendorong penguatan Stoxx pada perdagangan Selasa sekaligus membantu mengangkat sektor teknologi naik.

Di sisi lain, saham Unibail-Rodamco turun 4,1% setelah kelompok real estat komersial Prancis itu menawarkan untuk membeli saham pemilik pusat perbelanjaan Westfield Corp seharga US$16 miliar.

“Tahun ini berakhir dengan booming M&A di pasar Prancis,” tulis analis Cheuvreux Kepler, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (13/12/2017).

“Meski akuisisi Gemalto bukan sesuatu yang langsung kami perkirakan, manajemen Atos memiliki track record yang kuat untuk memperbaiki perusahaan,” tambah mereka.

Akuisisi Unibail terhadap Westfield disebut akan akhirnya membantu mendapatkan eksposur Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Penguatan harga minyak sebelumnya juga berhasil mendorong indeks saham Eropa untuk perusahaan energi, dengan sektor minyak dan gas pada Stoxx 600 naik 1,56%.

Saham minyak pun reli setelah harga minyak menembus US$65 per barel untuk pertama kalinya sejak pertengahan 2015, menyusul penutupan pada pipa saluran minyak Laut Utara di Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper