Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Stoxx Europe 600 Naik di Awal Dagang, Pasar Spanyol Tertekan

Bursa saham Eropa bergerak positif pada awal perdagangan hari ini, Senin (2/10/2017), meski pada saat yang sama performa pasar di Spanyol tertekan pasca bentrokan di Catalonia.
Ilustrasi./Reuters
Ilustrasi./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa bergerak positif pada awal perdagangan hari ini, Senin (2/10/2017), meski pada saat yang sama performa pasar di Spanyol tertekan pasca bentrokan di Catalonia.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,3% pada pukul 08.21 pagi waktu London (pukul 14.21 WIB), menyentuh level tertinggi dalam 15 pekan sekaligus kenaikan kedelapan berturut-turut.

Penguatan indeks acuan di Eropa didorong oleh penguatan saham perusahaan travel dan sektor pertambangan yang didukung pulihnya harga logam.

Akan tetapi, indeks IBEX di Spanyol merosot 1,2% setelah sejumlah aktivis Catalonia bentrok dengan pihak kepolisian yang menindak referendum kemerdekaan. Referendum ini telah dinyatakan tidak konstitusional oleh pemerintah Spanyol. 

Sedikitnya 91 orang terluka di Catalonia pada Minggu (1/10) dalam bentrokan tersebut. Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Spanyol mengatakan 11 petugas polisi telah terluka.

Dilansir Reuters, saham bank-bank Spanyol dibuka dengan penurunan tajam, antara 1,8%-3,2%, dan menekan indeks IBEX turun. Saham Banco Sabadell dan Caixabank yang berpusat di Catalonia mengalami kinerja terburuk.

“Ketegangan di Spanyol bukanlah penentu untuk euro, tapi kemungkinan akan membebani dengan mengalihkan narasi dari optimisme politik pasca kemenangan Macron (dalam pemilu Prancis awal tahun ini),” jelas pakar strategi RBC Capital Markets, seperti dikutip dari Bloomberg.

Saham EasyJet, Ryanair, dan Lufthansa berada di antara pendorong utama atas penguatan indeks Stoxx, dengan kenaikan antara 2,9%-5%.

Pekan lalu, EasyJet dan Wizz Air dilaporkan sedang dalam pembicaraan untuk mengambil alih beberapa jaringan Monarch Airlines. Saham perusahaan travel and leisure pun melonjak 1,2%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper