ABBA Bakal Lepas Dua Anak Usaha

PT Mahaka Media Tbk. bakal melepas dua anak usaha PT Avabanindo Perkasa dan PT Radionet Cipta Karya.
Ana Noviani | 18 Juni 2017 19:54 WIB
Karyawan beraktivitas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (16 - 6).Antara/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA--PT Mahaka Media Tbk. bakal melepas dua anak usaha PT Avabanindo Perkasa dan PT Radionet Cipta Karya.

Berdasarkan prospektus ringkas yang dipublikasikan perseroan pada Jumat (16/6), PT Avabanindo Perkasa (AVA) akan dijual kepada PT Beyond Media dengan nilai transaksi sebesar Rp29,1 miliar.

Adapun PT Radionet Cipta Karya (RCK) dicaplok oleh PT Mahaka Radio Integra Tbk. senilai Rp32,8 miliar.

"Pengembalian nilai investasi atas AVA dan RCK akan digunakan untuk mengembangkan bisnis media agency sesuai dengan kompetensi dan kapabilitas perseroan," tulis manajemen emiten berkode saham ABBA itu.

Lebih lanjut, melalui pelepasan kepemilikan saham dalam AVA dan RCK, perseroan milik Erick Thohir ini bakal memperoleh sumber pendanaan tanpa menambah beban keuangan dan tanpa perlu memberikan jaminan aset (kolateral) dibandingkan dengan sumber pendanaan dari pinjaman bank.

Selain transaksi divestasi, ABBA juga mengumumkan rencana akuisisi perusahaan manajemen properti PT Gamma Investa Lestari (GIL) dari PT Entertainment Live Indonesia. Transaksi pembelian saham GIL disepakati sebesar Rp26 miliar.

"Pengambilalihan GIL sejalan dengan strategi usaha untuk mengembangkan kegiatan usaha yang dapat memberikan nilai tambah bagi perseroan melalui sinergi dengan usaha lain," lanjutnya.

GIL merupakan perusahaan pengelolaan properti Mahaka Square yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara dengan konsep integrasi antara mall, akomodasi, dan venue olahraga.

Tiga transaksi tersebut merupakan transaksi afiliasi lantaran seluruh pihak yang terlibat berada di bawah bendera PT Beyond Media. Untuk meminta persetujuan atas rencana transaksi tersebut, ABBA akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin (19/6).

Tag : mahaka media
Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top