Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MATA UANG YEN: Sentuh Level Tertinggi Lima Bulan

Mata uang yen meningkat ke level lima bulan tertinggi seiring dengan peningkatan permintaan terhadap aset haven dan pelemahan dolar AS.
Yen./Reuters
Yen./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Mata uang yen meningkat ke level lima bulan tertinggi seiring dengan peningkatan permintaan terhadap aset haven dan pelemahan dolar AS.

Pada perdagangan Senin (17/4/2017) pukul 10:34 WIB, mata uang yen naik 0,26% menjadi 108,3 per dolar AS. Ini merupakan level tertinggi sejak 11 November 2016. Sementara itu, indeks dolar AS merosot 0,14% menuju 100,37, posisi terendah sejak 31 Maret 2017.

Todd Elmer, foreign-exchange strategist Citigroup Inc., di Singapura, menyampaikan ketegangan politik antara Korea Utara dan Amerika Serikat memperkuat permintaan aset haven seperti yen.

“Investor sedang beralih dari aset-aset berisiko ke mata uang safe haven seperti yen. USD-JPY akan mengalami penurunan lebih lanjut,” tuturnya seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (17/4/2017).

Ada informasi dari dua sumber yang dekat dengan Gedung Putih, Trump bakal mempertimbangkan aksi militer termasuk serangan tiba-tiba ke Pyongyang. Hubungan kedua negara semakin memburuk setelah Korut menembakkan rudal balistik pada Minggu (16/4), meskipun mengalami kegagalan.

Selain itu, JPY terdorong pelemahan USD akibat merosotnya data inflasi AS. Indeks Harga Konsumen (Consumer Price Index/ CPI) periode Maret 2017 turun 0,3% dari bulan sebelumnya. Ini merupakan deflasi pertama kalinya selama lebih dari setahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper