Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS OTOMOTIF: Ditopang Ekspor Lexus, Toyota Motor Naikkan Proyeksi Laba

Toyota Motor Corp. menaikkan proyeksi laba usaha tahun penuhnya seiring efek pelemahan yen yang mendorong laba dari ekspor produk Prius dan Lexus.
Toyota./.Reuters
Toyota./.Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Toyota Motor Corp. menaikkan proyeksi laba usaha tahun penuhnya seiring efek pelemahan yen yang mendorong laba dari ekspor produk Prius dan Lexus.

Dalam pernyataannya, seperti dilansir Bloomberg (Senin, 6/2/2017), manufaktur otomotif Jepang tersebut menyebutkan laba usaha diperkirakan akan mencapai 1,85 triliun yen (US$16,4 miliar) pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2017.

Nilai tersebut lebih besar dari proyeksi sebelumnya sebesar 1,7 triliun yen, namun lebih kecil dari prediksi rata-rata para analis dalam survey Bloomberg dengan nilai 2,05 triliun yen.

Meskipun pelemahan yen menguntungkan perolehan laba, Toyota harus menghadapi potensi tekanan perdagangan setelah Presiden AS Donald Trump mengkritik rencananya untuk mendirikan pabrik Corolla di Meksiko.

“Para manufaktur mobil Jepang menghadapi risiko lebih besar yang signifikan dari friksi seputar ketidakseimbangan perdagangan dengan AS, dibandingkan dengan revisi perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara dengan Meksiko dan Kanada,” ujar Takaki Nakanishi, Analis Jefferies Group LLC. dalam risetnya bulan lalu.

Toyota mengekspor lebih banyak kendaraan ke AS daripada dua pesaing utamanya asal Jepang, Nissan Motor Co. dan Honda Motor Co. Toyota memproduksi sebagian besar mobil mewah Lexus nya di Jepang meskipun AS menjadi pasar terbesar merek tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper