Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkeu Sri Mulyani: Masuk Pasar Modal Itu Mudah dan Tidak Eksklusif

Pasar modal menjadi wahana menjembatani kebutuhan investasi yang dibutuhkan perekonomian untuk terus maju tanpa menyebabkan komplikasi dari sisi makroekonomi.
Sri Mulyani Indrawati/Reuters-Beawiharta
Sri Mulyani Indrawati/Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, Jakarta--Pasar modal menjadi wahana menjembatani kebutuhan investasi yang dibutuhkan perekonomian untuk terus maju tanpa menyebabkan komplikasi dari sisi makroekonomi.

Pemerintah berjanji akan memacu terus perusahaan melantai di bursa karena akan menguntungkan bagi perusahaan itu sendiri, terlebih termasuk masyarakat secara luas.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan perusahaan yang masuk di bursa pada akhirnya mewakili aspirasi masyarakat Indonesia karena masyarakat turut memetik keuntungan termasuk rasa memiliki terhadap pasar modal. Menurut dia, berdasarkan tren dunia, pasar modal yang terkoneksi dapat membantu memerangi kesenjangan yang selama ini menjadi musuh.

"Masuk bursa adalah sesuatu yang mudah dan bukan eksklusif. Ini hal yang inklusif, semua perusahaan besar, sedang, kecil, dengan basis di Jakarta dan daerah bisa masuk," ucapnya, dalam Acara Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia, di Jakarta, Selasa (3/1/2017).

Untuk mendukung langkah itu, pemerintah akan mendorong dari sisi persiapan kebijakan ekonomi sehingga pelaku ekonomi dan perusahaan makin maju tidak hanya untung tapi berkontribusi dalam pembangunan.

Dia menuturkan Kementerian Keuangan akan menjaga APBN menjadi instrumen yang menciptakan kepercayaan dan kredibilitas serta membantu membuat lingkungan ekonomi yang baik. Pada tahun ini, Sri Mulyani juga berjanji menjaga penguatan fundamental ekonomi domestik mengingat ketidakpastian global masih terjadi.

"Pendapatan dan belanja efektif menjawab berbagai permasalahan ekonomi tidak hanya pertumbuhan ekonomi, tapi juga pengurangan kemiskinan, kesenjangan dan penciptaan kesempatan kerja 2017 ini agar kita bekerja kebih keras dan lebih baik untuk mencapai cita-cita Indonesia mencapai masyarakat adil dan makmur," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Veronika Yasinta
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper