Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peluncuran Rupiah TE 2016, BI Tegaskan Uang Beredar Masih Berlaku

Bank Indonesia meluncurkan uang rupiah tahun emisi 2016 dan menekankan bahwa mata uang yang saat ini beredar masih tetap berlaku.
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 19 Desember 2016  |  10:15 WIB
Peluncuran Rupiah TE 2016, BI Tegaskan Uang Beredar Masih Berlaku
Uang rupiah baru - Pamuji Tri Nastiti/Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG - Bank Indonesia meluncurkan uang rupiah tahun emisi 2016 dan menekankan bahwa mata uang yang saat ini beredar masih tetap berlaku.

Ada 12 gambar pahlawan, tujuh budaya tarian Nusantara, dan pemandangan alam di beberapa daerah yang disematkan dalam uang lembaran dan logam rupiah tahun emisi 2016.

Ke-12 nama pahlawan perjuangan tersebut yakni proklamator RI Dr. Ir. Soekarno & Drs Mohammad Hatta, Ir. H Djuanda Kartawidjaja, Mohammad Hoesni Thamrin, Tjut Meutia, Mr. I Gusti Ketut Pudja, Dr. G.S.S.J Ratulangi, Frans Kaisiepo, juga Dr. K.H Idham Chalid.

"Selanjutnya Letjend TNI T.B. Simatupang, Dr. Tjipto Mangunkusumo yang lahir di Jepara Jawa Tengah, dan Prof Dr. Ir Herman Johannes," ungkap F.X. Bambang Santoso, Ketua Tim Pengelolaan Uang Rupiah BI Jateng Divisi Sistem Pembayaran, dalam pengantar Sosialisasi Uang Rupiah Tahun Emisi 2016 di Semarang, Senin (19/12/2016).

Bank Indonesia berharap informasi akan terus dilakukan melalui sosialisasi, sehingga menjadi gambaran bagi masyarakat umum untuk mengetahui pembaharuan dalam mata uang RI.

"Meski saat ini masuk masa sosialisasi uang rupiah tahun emisi 2016, tetapi uang yang saat ini beredar masih tetap berlaku dengan sah," tegas Bambang.

Sementara itu, tujuh tarian budaya Nusantara yang disematkan di antaranya tari Topeng Betawi, Legong dari Bali, Gong dari Dayak Kalimantan, Gambyong Jawa Tengah, juga tari Tifa Papua.

Sementara itu, keindahan alam setidaknya menampilkan Gunung Bromo di Jawa Timur, Ngarai Sianok di Bukittinggi, dan Kepualuan Banda Ambon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia uang beredar uang baru
Editor : Gita Arwana Cakti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top