BURSA EROPA: Indeks Stoxx 600 Terkoreksi 1,7% Sepanjang Pekan Ini

Bursa Eropa mencetak penurunan mingguan terbesar sejak menjelang referendum Brexit dan spekulasi rebound yang terjadi baru-baru ini dirasakan telah berlebihan.
Gita Arwana Cakti
Gita Arwana Cakti - Bisnis.com 20 Agustus 2016  |  07:25 WIB
BURSA EROPA: Indeks Stoxx 600 Terkoreksi 1,7% Sepanjang Pekan Ini
Suasana di lantai bursa Eropa.

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Eropa mencetak penurunan mingguan terbesar sejak menjelang referendum Brexit dan spekulasi rebound yang terjadi baru-baru ini dirasakan telah berlebihan.

Indeks Stoxx 600 melemah 0,8% ke level 340,14 pada penutupan perdagangan Jumat (19/8/2016), dengan seluruh kelompok industri melemah. Adapun dalam sepekan, indeks mencetak penurunan 1,7%.

Investor mempertanyakan pemulihan yang telah mengangkat indeks Stoxx 600 sebesar 12% sejak keputusan U.K meninggalkan Uni Eropa. Sikap skeptis terhadap kemampuan stimulus bank sentral mendorong pertumbuhan di tengah gejolak politik menjadi pemicu keluarnya aliran dana dari wilayah tersebut.

"Saya rasa kita telah berlari sedikit keras dalam enam pekan belakangan ini dan investor tidak terlalu sadar. Kita memerlukan afirmatif data lebih lanjut dan saya tidak heran jika melihat jeda sedikit pada level ini atau mungkin turun lebih rendah," ujar James Buckley, Portfolio Manager Baring Investment Services Ltd,seperti dikutip Bloomberg, Sabtu (20/8/2016).

Indeks Italia FTSE MIB turun 2,2%, indeks Spanyol IBEX 35 Index turun 1,2% menjadi bursa acuan wilayah yang mencetak penurunan terbesar ketiga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa eropa

Sumber : Bloomberg

Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top