Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Newmont Mining Corporatio [NEM] Jual Saham di Newmont Nusa Tenggara

Newmont Mining Corporation (NYSE: NEM) (Newmont) mengumumkan kesepakatan jual beli saham yang mengikat dengan PT Amman Mineral Internasional (PT AMI) untuk menjual sahamnya di PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), operator tambang tembaga dan emas Batu Hijau di Indonesia.
Lokasi penambangan PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) di Batu Hijau, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat/Antara-Prasetyo Utomo
Lokasi penambangan PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) di Batu Hijau, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat/Antara-Prasetyo Utomo

Bisnis.com, DENVER - Newmont Mining Corporation (NYSE: NEM) (Newmont)  mengumumkan kesepakatan jual beli saham yang mengikat dengan PT Amman Mineral Internasional (PT AMI) untuk menjual sahamnya di PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), operator tambang tembaga dan emas Batu Hijau di Indonesia.

Total saham Newmont yang ada di PTNNT diperkirakan sebesar US$1,3 miliar (sekira Rp16,9 triliun) atau 48,5%. Jumlah ini terdiri dari pembayaran tunai sebesar US$920 juta yang akan dibayarkan begitu transaksi antara kedua belah pihak telah rampung dan pembayaran bersyarat sebesar US$403 juta yang terkait dengan naiknya harga logam dan eksplorasi blok Elang. Nusa Tenggara Mining Corporation, yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Sumitomo Corporation, juga telah menyepakati penjualan kepemilikan sahamnya ke PT AMI.

"Menjual kepemilikan saham kami di PTNNT untuk nilai yang wajar sesuai prioritas strategis kami untuk memangkas hutang, mendanai proyek-proyek berprofitabilitas tinggi, dan menciptakan nilai tambah untuk para pemegang saham kami," ujar President dan CEO Newmont, Gary Goldberg.

"Kami yakin PT AMI, yang didukung oleh tim operator tambang Batu Hijau yang sangat berpengalaman, akan dapat memiliki semua yang dibutuhkan untuk terus mengoperasikan aset tersebut dengan baik. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada tim di proyek Batu Hijau, pemerintah Indonesia, dan mitra kami, Sumitomo, atas segala dukungan mereka bagi keberhasilan penyelesaian transaksi dan transisi ini."

Transaksi ini diperkirakan akan rampung pada kuartal ketiga 2016 setelah diperolehnya persetujuan dari pemerintah dan dipenuhinya persyaratan-persyaratan lainnya yang mencakup persetujuan pemerintah atas pengalihan saham PTNNT; izin ekspor pada saat penutupan transaksi; penyelesaian bersamaan penjualan 24% saham PT Multi Daerah Bersaing (PTMDB) kepada para pembeli; penyelesaian sejumlah permasalahan perpajakan; dan tidak adanya kejadian buruk yang bisa berdampak besar terhadap nilai Batu Hijau di masa mendatang.

Newmont telah mewujudkan peningkatan keselamatan dan profitabilitas secara signigikan dalam seluruh operasinya, dan telah memperkuat portofolio dan neraca keuangannya selama tiga tahun terakhir. Perusahaan ini telah mencatatkan pendapatan hingga USD 1,9 miliar dan memangkas hutang bersih sebesar 37 persen sejak 2013 sekaligus terus berinvestasi pada pertumbuhan yang menguntungkan dan berkesinambungan. Newmont mengakuisisi Cripple Creek & Victor di Colorado dan menambahkan lima juta ons cadangan emas pada 2015. Perusahaan ini pun kini tengah mengembangkan empat proyek berprofil tinggi di AS, Australia, dan Suriname, yang diperkirakan akan menyumbangkan cadangan emas hingga satu juta ons selama dua tahun ke depan.

Newmont akan menggelar panggilan konferensi untuk memaparkan transaksi ini pada hari Kamis, 30 Juni 2016 pukul 9:00 Waktu Timur (30 Juni 2016, 21:00 WIB); Event ini juga akan digelar di situs resmi Newmont.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper