Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Momentum Brexit Makin Reda, Indeks Stoxx Melejit

Bursa saham Eropa kembali bullish setelah tertekan dalam tiga minggu terakhir menyusul jajak pendapat terbaru yang menunjukkan peningkatan jumlah warga Inggris yang memilih untuk tetap pada Uni Eropa
Bursa Eropa menguat./.
Bursa Eropa menguat./.

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa  saham Eropa kembali bullish setelah tertekan dalam tiga minggu terakhir menyusul jajak pendapat terbaru yang menunjukkan peningkatan jumlah warga Inggris yang memilih untuk tetap pada Uni Eropa.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melonjak 3,7% ke level 337,67 pada akhir perdagangan Senin (20/6/2016). Seluruh indeks utama di Eropa barat menguat, dengan idneks FTSE 100 di Inggris melonjak hingga 3%.

"Ini langkah lanjutan dari Jumat lalu ketika kekhawatiran sudah mereda," kata Christian Gattiker, kepala analis Julius Baer Group Ltd seperti yang dikutip Bloomberg.

Ia melanjutkan, momentum Brexit begitu kuat lalu hilang secara tiba-tiba, dan keadaan saat ini lebih sesuai dengan apa yang investor awalnya perkirakan.

Berdasarkan jajak pendapat yang dilaksanakan oleh www.ncpolitics.uk dan dipublikasikan di Bloomberg, hanya 37% responden yang mendukung Inggris agar keluar dari Uni Eropa. Angka ini menurun jika dibandingkan dengan jumlah pendukung Brexit yang mencapai 42% pada akhir pekan lalu.

Sebelumnya, kampanye terkait referendum sempat ditangguhkan akibat insiden penembakan anggota parlemen Jo Cox (41) yang terjadi pada Kamis (16/6/2016). Jo Cox merupakan anggota parlemen dari partai Oposisi Labour Party dan pendukung yang vokal atas keanggotaan Inggris di Uni Eropa.

Di antara saham emiten yang bergerak, UniCredit SpA melonjak 3,4% setelah seorang sumber mengatakan bank tersebut sedang mempercepat pencarian pengganti Chief Executive Officer baru, dan mantan menteri pemerintahan sebelumnya, Corrado Passera, menjadi salah satu kandidatnya.

Sementara itu, Adidas AG melonjak 4,1% setelah perusahaan perlengkapan olahraga tersebut menandatangani kontrak sponsor tim sepak bola Jerman untuk empat tahun kedepan. Adapun UbiSoft Entertainment naik 8% setelah Vivendi Sa meningkatkan kepemilikan sahamnya diperusahaan menjadi 20,1% dan akan terus melakukan akuisisi lanjutan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper