Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Didera Profit Taking, Indeks Stoxx Europe 600 Ditutup Melemah 0,5%

Bursa saham Eropa ditutup melemah pada perdagangan Rabu (8/6/2016), didorong oleh sektor perbankan dan otomotif.
Bursa Eropa. /Reuters
Bursa Eropa. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup melemah pada perdagangan Rabu (8/6/2016), tertekan pelemahan sektor perbankan dan otomotif.

Indeks Stoxx Europe 600 melemah 0,5% pada penutupan perdagangan. Volkswagen AG dan BMW AG merosot lebih dari 1% karena penguatan euro melemahkan kinerja eksportir.

Bank Dunia kemarin memangkas prospek pertumbuhan global dan mengatakan risiko penurunan menjadi lebih jelas sejak awal tahun ini.

Michael Hewson, analis pasar di CMC Markets, mengatakan pasar saham saat ini sedang mencari aarh pergerakan karena ketidakpastian data ekonomi.

"Prospek global masih cukup lemah. Bank Dunia tidak hanya memotong perkiraan, tetapi mengindikasikan risiko mengarah ke sisi negatifnya. Sekarang pasar akan menghadapi profit taking," katanya seperti yang dikutip dari Bloomberg.

Setelah merosot 5,4% dari level tertinggi 20 April lalu, momentum saham Eropa kembali akhir Mei, sebelum akhirnya merosot pekan lalu di tengah kekhawatiran akan pertumbuhan global.

Pehatian investor investor terfokus pada bank sentral dan peristiwa politik bulan ini, seperti pengumuman suku bunga the Fed 15 Juni mendatang, referendum pada tanggal 23 Juni untuk menentukan keanggotaan Inggris di Uni Eropa, serta pemilihan umum Spanyol tiga hari setelahnya.

Saham UniCredit SpA dan Banco Popular Espanol SA melemah lebih dari 4%. Erste Bank Group AG melemah 3,8% setelah salah satu pemegang saham melepas kepemilihannya.

Sektor utilitas menguat, didorong oleh saham Engie yang naik 2,6% dan RWE AG dan EON SE di Jerman yang menguat lebih dari 2,8%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper