Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkuat Jaringan, KSEI Gandeng Otoritas Kustodian Taiwan

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) hari ini resmi jalin kerja sama dengan dengan Taiwan Depository and Clearing Corporation (TDCC) melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Main Hall Galeri Bursa Efek Indonesia.
Ilustrasi pembukaan perdagangan oleh Direksi dan Komisaris KSEI/BEI
Ilustrasi pembukaan perdagangan oleh Direksi dan Komisaris KSEI/BEI

Bisnis.com,JAKARTA--PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) hari ini resmi jalin kerja sama dengan dengan Taiwan Depository and Clearing Corporation (TDCC) melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Main Hall Galeri Bursa Efek Indonesia.

Penandatanganan dilakukan oleh Margeret Tang (Direktur Utama KSEI) dan Sherman Lin (Chairman& CEO TDCC), yang turut dihadiri oleh Sardjito, Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal I Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Penandatanganan MoU ini merupakan bentuk kerjasama antara KSEI dan TDCC sebagai Central Securities Depository (CSD) di kawasan Asia Pasifik untuk meningkatkan kemajuan pasar modal di negara masing-masing.

Beberapa butir yang tertuang dalam naskah MoU antara lain meliputi pertukaran informasi, kerja sama bilateral sebagai upaya untuk menjadi lembaga CSD yang dapat bersaing secara global serta kerjasama dalam bentuk lain sesuai kesepakatan.

Kerja sama dengan TDCC tersebut, melengkapi hubungan bilateral yang sebelumnya telah dijalin KSEI dengan Korea Securities Depository (KSD),Japan Securities Depository Center, Inc. (JASDEC),Thailand Securities Depository Co., Ltd.(TSD),Central Securities Depository of Iran (CSDI) danThe Central Depository (Pte) Limited dari Singapura.

Dalam sambutannya, Margeret Tang Direktur Utama KSEI menyampaikan kerjasama dengan TDCC merupakan peluang yang bagus mengingat struktur rekening di pasar modal Taiwan serupa dengan Indonesia, yakni rekening telah dibukakan atas nama masing-masing investor.

"Tidak banyak CSD di kawasan Asia Pasifik yang membukakan rekening atas nama masing-masing investor.Terlebih lagi, TDCC sudah mengelola rekening yang mencapai 16 juta rekening," katanya seperti dikutip dari siaran pers yang dilansir KSEI pada Senin (11/1/2016).

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan pertukaran informasi dan pengetahuan lebih mudah, sehingga KSEI dan TDCC bisa menjadi CSD yang andal, terpercaya dan mampu bersaing di wilayah regional maupun internasional.

Sebagai tambahan, KSEI sudah banyak melakukan kegiatan dengan TDCC, antara lain sharing session best practiceoleh TDCC kepada KSEI.

OJK pun menyambut baik inisiatif kerjasama antara KSEI dan TDCC yang baru saja diresmikan.Sardjito,Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal IOJK menyampaikan "OJK menyambut gembira atas komitmen KSEI dan TDCC yang ditandai dengan MoU hari ini. Diharapkan, kerjasama kedua lembaga ini dapat meningkatkan pengembangan dan kemajuan pasar modal di kedua negara."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper