Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUN Valas Indonesia Kelebihan Penawaran Hingga US$8,1 Miliar

Surat utang negara berdenominasi dolar AS yang baru saja diterbitkan pemerintah Indonesia senilai US$3,5 miliar mendulang kelebihan penawaran 2,3 kali.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Surat utang negara berdenominasi dolar AS yang baru saja diterbitkan pemerintah Indonesia senilai US$3,5 miliar mendulang kelebihan penawaran 2,3 kali.

Pemerintah menjual surat utang negara (SUN) valas senilai US$3,5 miliar pada Rabu, (2/12/2015). Lewat laman resminya, Kementerian Keuangan menyampaikan total penawaran yang masuk (order book) sebesar US$8,1 miliar.

“Hasil ini menandakan masih tingginya kepercayaan investor dan sentimen positif pada prospek perekonomian Indonesia,” tulis Kementerian Keuangan, Rabu, (2/12/2015).

SUN valas US$3,5 miliar terbagi dalam dua seri. RI0126 senilai US$2,25 miliar, bertenor 10 tahun dan mengandung kupon 4,75%. Imbal hasil pada seri ini 4,8% dan harga 99,599%. Sementara itu, seri RI0146 bernilai US$1,25 miliar, bertenor 30 tahun dan memiliki kupon 5,95%. Imbal hasil 6% dan harga 99,299%.   

Final pricing (yield) tersebut, menurut Kementerian Keuangan, 20 bps lebih ketat dari initial price guidance yaitu 5,00% untuk tenor 10 tahun dan lebih ketat 12,5 bps dari initial price guidance 6,125% untuk tenor 30 tahun. Indonesia memperoleh rating BBB- (stable) dari Fitch, BB+ (positive) dari S&P, dan Baa3 (stable) dari Moody’s.

Joint lead managers dan joint bookrunners dalam transaksi ini adalah BofA Merrill Lynch, CIMB, Citigroup dan HSBC. Adapun, co-Managers adalah PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Trimegah Securities.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper