Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indosat (ISAT) Terbitkan Surat Utang Rp3,1 Triliun

Emiten telepon selular PT Indosat Tbk. (ISAT) menerbitkan dua surat utang berjenis obligasi dan obligasi syariah atau sukuk senilai total Rp3,1 triliun yang akan digunakan untuk refinancing.

Bisnis.com, JAKARTA--Emiten telepon selular PT Indosat Tbk. (ISAT) menerbitkan dua surat utang berjenis obligasi dan obligasi syariah atau sukuk senilai total Rp3,1 triliun yang akan digunakan untuk refinancing.

Berdasarkan tambahan informasi dalam prospektus ringkas yang dirilis perseroan di PT Bursa Efek Indonesia, Rabu (3/6/2015), disebutkan perseroan menerbitkan penawaran umum obligasi berkelanjutan (PUB) I dengan target dana Rp9 triliun.

Emiten berkode saham ISAT tersebut menerbitkan PUB I tahap II tahun 2015 dengan pokok obligasi Rp2,68 triliun. Sedangkan, PUB Sukuk Ijarah yang ditargetkan Rp1 triliun akan diterbitkan pada tahap II senilai Rp416 miliar.

PUB I tahap II terdiri dari lima seri, yakni seri A, B, C, D, dan E dengan nilai Rp2,684 triliun. Kupon bunga obligasi ini berkisar antara 8,55%-10,40% dengan pembayaran setiap 3 bulanan.

Untuk obligasi seri A senilai Rp554 miliar memiliki tingkat bunga tetap 8,55% per tahun berjangka waktu 1 tahun. Seri B senilai Rp782 miliar dengan tingkat bunga tetap 9,25% per tahun berjangka waktu 3 tahun.

Kemudian, seri C senilai Rp584 miliar dengan tingkat bunga tetap 10% per tahun berjangka waktu 5 tahun. Lalu, seri D senilai Rp337 miliar dengan tingkat bunga tetap 10,25% per tahun berjangka waktu 7 tahun dan seri E senilai Rp427 miliar dengan tingkat bunga tetap 10,40% per tahun berjangka waktu 10 tahun. .

Adapun, sisa imbalan sukuk ijarah yang ditawarkan senilai Rp416 miliar terbagi dalam lima seri, yakni seri A, B, C, D, dan E. Cicilan imbalan ijarah mencapai Rp4,4 miliar-Rp18,2 miliar yang dibayarkan setiap 3 bulanan.

Sukuk seri A senilai Rp55 miliar dengan cicilan imbalan ijarah sebesar Rp4,7 miliar per tahun berjangka waktu 1 tahun. Seri B senilai Rp76 miliar dengan cicilan imbalan ijarah sebesar Rp7,03 miliar per tahun berjangka waktu 3 tahun.

Lalu, sukuk seri C senilai Rp67 miliar dengan cicilan imbalan ijarah sebesar Rp6,7 miliar per tahun berjangka waktu 5 tahun. Seri D senilai Rp43 miliar dengan cicilan imbalan ijarah sebesar Rp4,4 miliar per tahun berjangka waktu 7 tahun dan seri E senilai Rp175 miliar dengan cicilan imbalan ijarah sebesar Rp18,2 miliar per tahun berjangka waktu 10 tahun.

Perseroan telah mengantongi peringkat idAAA dari PT Fitch Ratings Indonesia dan idAAA syariah dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Indosat menunjuk penjamin pelaksana emisi, yakni PT BCA Sekuritas, PT BNI Securities, PT CIMB Securities Indonesia, PT HSBC Securities Indonesia, PT DBS Vickers Securities Indonesia, dan PT Indo Premier Securities. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. bertindak selaku wali amanat.

Dijadwalkan, tanggal distribusi obligasi dan sukuk ijarah secara elektronik dilakukan pada 4 Juni 2015. Sedangkan, pencatatan di PT Bursa Efek Indonesia dilakukan pada 5 Juni 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper