Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinarmas Tukar Guling Saham Golden Energy dengan UFS Singapura Senilai Rp17,98 Triliun

Group Sinarmas sebagai pemegang saham PT Dian Swastatika Sentosa Tbk. (DSSA) merestui tukar guling saham PT Golden Energy Mines (GEMS) dengan perusahaan asal Singapura, United Fiber System Limited (UFS) senilai S$1,88 miliar setara dengan Rp17,98 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA--Group Sinarmas sebagai pemegang saham PT Dian Swastatika Sentosa Tbk. (DSSA) merestui tukar guling saham PT Golden Energy Mines (GEMS) dengan perusahaan asal Singapura, United Fiber System Limited (UFS) senilai S$1,88 miliar setara dengan Rp17,98 triliun.

Hermawan Tarjono, Direktur & Sekretaris Perusahaan Dian Swastatika Sentosa, mengatakan persetujuan transaksi tersebut dilakukan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) perseroan di Hotel Pullman Jakarta, Rabu (8/4/2015).

"Setelah melalui perjalanan panjang, kami siap menandai tolok ukur baru dan membuka pintu baru ke masa depan yang menarik bagi DSSA, UFS, dan GEMS," ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Rabu (8/4/2015).

Pemegang saham merestui rencana pengambilalihan UFS melalui penyertaan modal. Pada saat yang sama, RUPS juga menyetujui pengalihan saham milik perseroan dalam GEMS sebesar 66,9998% modal ditempatkan dan disetor kepada UFS.

Transaksi tersebut merupakan satu kesatuan dengan menggunakan metode penukaran saham antara saham perseroan dalam GEMS dengan saham-saham baru UFS dengan nilai transaksi 1,88 miliar dolar Singapura setara dengan Rp17,98 triliun (kurs Rp9.568/S$)

Dia mengatakan, tukar guling saham tersebut diharapkan dapat dilakukan sebelum April 2015. Setelah tukar guling saham dilakukan, UFS segera menerbitkan saham baru bagi penempatan wajib untuk memenuhi ketentuan kepemilikan saham publik di UFS minimum 12%.

Pada saat penyelesaian transaksi tersebut, DSSA akan menjadi pemegang saham pengendali dari UFS dengan kepemilikan sekitar 94% sebelum penempatan wajib atau sekitar 85% setelah penempatan wajib. Sedangkan, UFS akan menjadi pemegang saham pengendali dari GEMS dengan kepemilikan 66,9998%.

Transaksi tukar guling saham ini, sambungnya, akan memberikan nilai tambah bagi pemegang saham. Pasalnya, GEMS diklaim akan semakin dikenal sebagai salah satu pelaku usaha batu bara di Asia yang selanjutnya dapat memperluas akses ke sumber pendanaan yang lebih kompetitif serta memperluas pasar batu bara GEMS.

Sesuai kesepakatan, Dian Swastatika akan mengambil alih 1,97 miliar saham baru UFS senilai S$0,95 per saham. Pengambilalihan saham tersebut akan dieksekusi setelah United Fiber melaksanakan reverse stock.

Kemudian, DSSA akan mengalihkan 3,94 miliar saham miliknya dalam GEMS dengan harga Rp3.735 per saham. Total kedua transaksi sama-sama senilai S$1,88 miliar dengan kurs Rp7.833/S$ atau setara Rp14,72 triliun. Kurs tersebut diperoleh dari kurs valuta asing saat penandatanganan kesepakatan.

Saat ini, Dian Swastatika merupakan induk usaha langsung GEMS yang bergerak dalam bidang pertambangan dan perdagangan batu bara. GEMS memiliki sumber daya batu bara lebih dari 2,1 miliar ton dan cadangan batu bara sebesar 639 juta ton dengan konsesi batu bara di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Jambi.

Setelah tukar guling saham, pemegang saham utama GEMS akan terdiri dari UFS dan GMR Coal Resources Pte. Ltd., sebuah group usaha dalam bisnis energi dan infrastruktur. UFS akan segera berganti nama menjadi Golden Energy and Resources Limited setelah tukar guling saham berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper