Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA SEPEKAN: Berikut Sentimen Penggerak Indeks

Woori Korindo Securities Indonesia (WKSI) mengemukakan sejumlah sentimen memengaruhi bursa Eropa pada perdagangan sepekan ini.
 Bursa Eropa/
Bursa Eropa/

Bisnis.com, JAKARTA- Woori Korindo Securities Indonesia (WKSI) mengemukakan sejumlah sentimen memengaruhi bursa Eropa pada perdagangan sepekan ini.

Analis WKSI Reza Priyambada mengatakan sentimen dari penurunan kinerja beberapa emiten di Zona Eropa memberikan imbas negatif, sehingga membuat laju bursa saham Eropa berbalik melemah.

Rilis pelemahan pada indeks manufaktur di sejumlah wilayah Zona Euro, ujarnya, turut menambah sentimen negatif.

Adanya data peningkatan kinerja dari sejumlah emiten lainnya yang di atas estimasi, sempat mampu mengangkat laju bursa saham Eropa ke zona hijau.

“Rilis beberapa emiten tersebut setidaknya dapat mengimbangi pelemahan pada saham-saham komoditas, seiring masih melemahnya harga komoditas,” kata Reza dalam risetnya yang diterima Sabtu (8/11/2014).

Selanjutnya dengan adanya rilis penurunan pertumbuhan ekonomi Zona Euro, membuat laju bursa saham Eropa kembali melemah.

Setelah melemah setelah merespons pemangkasan ekonomi Zona Euro, laju bursa saham Eropa kembali rebound. Kenaikan ditopang rilis peningkatan kinerja dari para emiten.

Reza mengatakan meningkatnya indeks markit services PMI Spanyol, turut direspons positif, meskipun rilis data yang sama di beberapa wilayah Zona Euro lainnya cenderung melemah tipis.

Tetapnya suku bunga ECB di 0,5% turut disambut positif. Dalam Rapat ECB, disampaikan oleh Presiden ECB, Mario Draghi, bahwa pembuat kebijaan telah siap untuk mengukur penerapan stimulus jika dibutuhkan, sehingga dapat digunakan untuk mendorong pertumbuhan di Zona Euro.

Pelaku pasar juga merespons positif langkah BoE yang telah menetapkan suku bunga tetap sebesar 0,5%, naiknya manufacturing & Industrial production Inggris, dan kenaikan factory orders Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper