Telkom Gandeng Alfa Group Garap Bisnis Remitansi

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) menggandeng Alfa Group untuk menggarap bisnis layanan pengiriman uang domestik dan internasional.
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 29 September 2014  |  23:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) menggandeng Alfa Group untuk menggarap bisnis layanan pengiriman uang domestik dan internasional.

Emiten jasa telekomunikasi tersebut dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfamart) menandatangani Nota Kesepahaman Delima Remittance di Cikokol, Tangerang, Banten, Senin, (29/9/2014).

Pada keseempatan yang sama, Telkom menandatangani perjanjian kerja sama Multibiller Host to Host dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfamart), PT Midi Utama Indonesia Tbk. (Alfamidi, Alfaexpress, Lawson), dan PT Sumber Indah Lestari (DAN+DAN).

Direktur Enterprise & Business Services Telkom Muhammad Awaluddin mengatakan perseroan tertarik menjalin kerja sama karena Telkom ingin  berperan dalam meningkatkan kemudahan pembayaran tagihan Multibiller.

“Dan menambah kerja sama dengan Alfamart untuk memberikan tambahan pelayanan pada masyarakat melalui layanan pengiriman uang atau remittance,”  ujar Awaluddin dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin, (29/9/2014). 

Lewat penandatangan kerja sama, pembayaran tagihan multibiller yang meliputi jasa telekomunikasi (telepon, Speedy, Transvision, FinPay, dan Kartu Halo Telkomsel) dan layanan nonjasa telekomunikasi sudah bisa dilakukan di seluruh gerai Alfamart, Alfamidi, dan DAN+DAN secara langsung.

Pembayaran tagihan multibillier dilakukan melalui interface point of sales (POS) yang terhubung secara host-to-host ke jaringan server PT Finnet  Indonesia. Finnet adalah anak usaha Telkom yang bergerak dalam solusi pembayaran elektronik.

Layanan Delima remittance adalah layanan pengiriman uang domestik dan internasional. Layanan ini memungkinkan pengirim dan penerima tidak harus memiliki rekening di bank.

Setelah Alfamart mengantongi izin operasional kerja sama dari Bank Indonesia, masyarakat dapat mengirim maupun menarik kiriman uang Delima melalui ribuan gerai Alfamart di Indonesia.

Alfamart memiliki jaringan ritel sebanyak 9.187 per September 2014. Rerata pertumbuhan gerai dalam lima tahun terakhir sebesar 20%. Tiap tahun, manajemen Alfamart menargetkan pembukaan sekitar 1.000 gerai baru untuk menjaga momentum pertumbuhan dan mencapai efisiensi operasional yang optimum.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
telkom, tlkm, alfamart, remitansi, telekomunikasi indonesia, alfamidi, finnet, alfa group

Editor :
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top