Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JOKOWI PRESIDEN TERPILIH, Prospek Saham Semen Berkibar

Emiten semen diharapkan terus memacu peningkatan produksi untuk menggarap potensi pasar dalam rangka pembangunan Indonesia kedepannya.
Gita Arwana Cakti
Gita Arwana Cakti - Bisnis.com 23 Juli 2014  |  13:51 WIB
Jokowi presiden terpilih, saham sektor semen dinilai paling untung - Bisnis
Jokowi presiden terpilih, saham sektor semen dinilai paling untung - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA— Emiten semen diharapkan terus memacu peningkatan produksi untuk menggarap potensi pasar dalam rangka pembangunan Indonesia kedepannya.

Analis Investa Saran Mandiri Jhon Veter dan Kiswoyo Adi Joe mengatakan setelah Pilpres 2014 selesai, fokus selanjutnya adalah pembangunan ekonomi Indonesia, dan hal itu tidak akan terlepas dari pembangunan infrastruktur negara.

Sektor semen adalah sektor yang diuntungkan dari pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia,” paparnya dalam riset yang diterima Bisnis, Rabu (23/7/2014).

Dia menilai pemenuhan kebutuhan semen di Indonesia masih sangat kecil. Konsumsi semen, lanjutnya, baru mampu mensuplai 20% dari permintaan nasional.

Kebutuhan semen di Indonesia masih sekitar 65-68 juta ton per tahun. Jika pemerintahan baru mengutamakan pembangunan infrastruktur, maka kebutuhan semen akan melonjak ke 95-97 juta ton per tahun di 2017,” tambahnya.

Melihat kondisi dan rencana produsen semen di Indonesia saat ini, dia memprediksi kapasitas produksi semen di Indonesia baru akan mencapai 90-95 juta ton pada 2017. Artinya, masih ada kekurangan sekitar 2-5 juta ton per tahun.

Kami memprediksi 2017 merupakan kunci bagi produsen semen di Indonesia, jika mereka tidak siap, maka akan terjadi penurunan pangsa pasar domestik di tengah kebutuhan semen yang meningkat,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, pangsa pasar semen domestik terbesar masih dikuasai oleh PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) sekitar 40%-45%. Dia melihat, BUM semen itu sudah mulai mengantisipasi adanya lonjakan permintaan semen seiring rencananya untuk kembali mengakuisisi perusahaan semen di Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri semen konsumsi semen
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top