Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dua Lembaga Rating Turunkan Peringkat Antam

Pefindo menurunkan peringkat obligasi PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. dari idAA- menjadi idA dengan outlook negatif. Adapun peringkat korporasi perusahan dari Moodys Investors Services dan Standard and Poors Rating Sarvices juga melemah.
Ardhanareswari AHP
Ardhanareswari AHP - Bisnis.com 23 April 2014  |  19:37 WIB
Gedung Antam. Dua lembaga rating menurunkan peringkat bumn tersebut
Gedung Antam. Dua lembaga rating menurunkan peringkat bumn tersebut

Bisnis.com, JAKARTA—Pefindo menurunkan peringkat obligasi PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. dari idAA- menjadi idA dengan outlook negatif. Adapun peringkat korporasi perusahan dari Moody’s Investors Services dan Standard and Poor’s Rating Sarvices juga melemah.

Berdasarkan keterangan pers resmi yang dirilis perseroan pada Rabu (23/4/2014) manajemen emiten dengan ticker ANTM ini menguraikan Moody’s Investor Services menurunkan peringkat korporasi perusahaan (corporate family rating) ANTM dari Ba3 menjadi B2.

Sementara itu Standard and Poor’s Rating Services turut memangkas peringkat ANTM menjadi B- dari peringkat sebelumnya, yaitu B+.

Di sisi lain PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyatakan penurunan peringkat obligasi tersebut ditujukan bagi obligasi berkelanjutan Antam Tahap I Seri A dan Seri B tahun 2011 senilai Rp3 triliun untuk periode 17 April 2014 sampai dengan 1 September 2014.

Menurut manajemen Pefindo, peringkat idA mengindikasikan bahwa kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut, jika dibandingkan dengan obligor lainnya di Indonesia, masih tergolong kuat.

Meski begitu, kemampuan perseroan mungkin akan terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi dibandingkan dengan efek utang dengan peringkat yang lebih tinggi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

antam
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top