Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kopi Arabika Jadi Komoditas Berperforma Terbaik

Harga kopi berjangka akhirnya melambung di atas US$2 per pound dan melonjak ke level tertinggi dalam 24 bulan. Hal ini terjadi di tengah kekeringan yang mengancam panen di Brasil, produsen sekaligus eksportir utama kopi di dunia
 Kopi/Bisnis
Kopi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA-Harga kopi berjangka akhirnya melambung di atas US$2 per pound dan melonjak ke level tertinggi dalam 24 bulan. Hal ini terjadi di tengah kekeringan yang mengancam panen di Brasil, produsen sekaligus eksportir utama kopi di dunia.

Somar Meteoroliga mengatakan sejumlah wilayah produsen utama kopi di negara tersebut akan dilanda musim panas ekstrem tahun ini. Institut Meteorologi Nasional bahkan memprediksi musim panas kali ini akan menjadi yang paling kering sejak 1972.

Sementara itu Wolthers Douque, perusahaan pengimpor asal AS, bahkan memangkas prediksi panennya tahun ini hingga 10%.

Kopi arabika menanjak 83% sepanjang tahun ini dan mencatatkan diri sebagai komoditas berperforma terbaik di Standard & Poor's GSCI Spot Index. Sebagai catatan, tahun lalu kopi anjlok 23% di tengah lonjakan panen Brasil.

Direktur Strategi Pasar Newedge Group SA Robbert Van Batenburg mengatakan pada Bloomberg, Kamis (6/3/2014), minimnya hujan di Brasil membuat panen tahun ini menipis.

"Tak mudah untuk mulai memproduksi lagi," katanya.

Kopi arabika untuk pengiriman Mei melonjak 9,1% dan ditutup pada US$2,02 per pound pada perdagangan kemarin yang berakhir Kamis (6/3/2014) dini hari di ICE Futures, AS. Harga sempat melonjak hingga US$2,04, tertinggi sejak Maret 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper