Pasar Optimistis Data BPS, IHSG Dibuka Menguat

PT Panin Sekuritas Tbk memperkirakan menguatnya pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) setelah dibuka pagi ini, Senin (2/12/2013) menyusul adanya keyakinan data ekonomi Indonesia yang membaik.
Linda Teti Silitonga | 02 Desember 2013 09:36 WIB

Bisnis.com, JAKARTA— PT Panin Sekuritas Tbk  memperkirakan menguatnya pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) setelah dibuka pagi ini, Senin (2/12/2013) menyusul adanya keyakinan data ekonomi Indonesia yang membaik.

Analis Riset PT Panin Sekuritas Tbk Purwoko Sartono mengatakan data laju inflasi November 2013 yang dirilis Badan Pusat Statistik  (BPS) hari ini diprediksi menurun.

“Selain itu ada faktor eksternal yaitu menguatnya data manufaktur China juga berimbas positif pada rupiah,” kata Purwoko saat dihubungi, Senin (2/12/2013).

Meski menguat, ujarnya, pasar mesti tetap waspada. Mengingat rilis data sejumlah negara juga akan dipublikasikan pada Desember ini.

“Sentimen positifnya bisa dikatakan jangka pendek atau harian, karena ada data lain yang menjadi isu dari di sejumlah negara pada Desember ini,” kata Purwoko.

Seperti diketahui IHSG dibuka menguat 0,29% ke level 4.269,08 pada perdagangan hari ini, Senin (2/12/2013).

 

Tag : Indeks BEI, penggerak ihsg
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top