Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Twitter IPO Tanpa Profit, Harga Saham di Atas Facebook

Twitter Inc merancang harga penawaran umum perdana (IPO) lebih mahal dari Facebook Inc, saingan terberat yang memiliki pengguna lima kali lebih banyak.
Bloomberg
Bloomberg

Bisnis.com, SAN FRANCISCO-- Twitter Inc  merancang harga penawaran umum perdana  (IPO)  lebih mahal dari Facebook Inc, saingan terberat  yang memiliki pengguna lima kali lebih banyak.

Twitter  mendorong harga IPO pada kisaran  US$23-US$25 per saham. Kisaran  harga ini  akan memberikan layanan microblogging  perusahaan itu  dengan kapitalisasi pasar US$13,6 miliar.

Hal  tersebut menempatkan  Twitter pada  posisi 11,8 kali estimasi penjualan  2014  atau  lebih tinggi 11,4 kali dari rasio harga  penjualan Facebook .

Penjamin emisi  IPO Twitter akan  menghentikan  pesanan saham pada Selasa  (5/11/2013) siang di New York, sebelum menetapkan harga akhir pada  Rabu (6/11/2013). Perusahaan jejaring sosial ini akan listing di Bursa AS pada Kamis (7/10/2013). 

Kenaikan harga saham IPO menggarisbawahi bagaimana Twitter , yang memiliki strategi IPO konservatif  dibandingkan beberapa rekannya di Internet , mulai menempu strategi  baru.

Perusahaan ini awalnya menetapkan rentang dengan diskon 27%  dari Facebook. Namun, kini menciptakan acuan harga lebih tinggi dengan memaksa calon investor membayar premi lebih besar untuk target pertumbuhan  yang lebih cepat .

"Sebuah IPO tech seperti Twitter tanpa keuntungan sebuah peristiwa emosional , bukan strategi yang mendasar. Anda percaya atau tidak? [Harga saham]  Di atas US$26 saya pikir hal ini mulai terlihat tidak pasti , " kata Max Wolff , kepala ekonom dan strategi di Wealth ZT, seperti dikutip Bloomberg, Selasa waktu setempat.

Gabriel Stricker, juru bicara Twitter, menolak berkomentar mengenai strategi perusahaannya yang tidak mengedepankan  profit  pada momentum IPO.

Twitter mengambil langkah untuk menghindari  ‘kekeliruan’  IPO Facebook , Groupon Inc dan Zynga Inc Facebook  yang mengangkat kisaran harga penawaran  tinggi  pada  IPO Mei 2012, namun kemudian jatuh.

Strategi IPO Twitter  merupakan pertaruhan untuk mengangkat  pasar saham dan minat investor baru  pada efek  perusahaan  media sosial itu.

 Namun, Twitter perlu memikirkan  risiko terhadap debut pasar  yang ditempuhnya. Karena pengalaman  Facebook Inc, pemilik jaringan sosial terbesar di dunia, butuh waktu satu tahun untuk  memulihkan  harga saham yang jatuh. (Bloomberg/if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswires

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper