Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham Hero Dibeli Dairy Farm

Bisnis.com, JAKARTA-- Perusahaan ritel raksasa asal Hong Kong, The Dairy Farm Company Limited (DFCL) menyerap 851.280 unit saham sisa aksi rights issue PT Hero Supermarket Tbk (HERO) dengan harga pelaksanaan Rp3.350 per lembar.Lam Chi Hung, Direktur

Bisnis.com, JAKARTA-- Perusahaan ritel raksasa asal Hong Kong, The Dairy Farm Company Limited (DFCL) menyerap 851.280 unit saham sisa aksi rights issue PT Hero Supermarket Tbk (HERO) dengan harga pelaksanaan Rp3.350 per lembar.

Lam Chi Hung, Direktur DFCL, mengungkapkan dengan aksi tersebut porsi kepemilikan saham DFCL meningkat menjadi 17,19 dari total modal disetor dan ditempatkan Hero.

"Harga pelaksaan Rp3.350 per lembar yang dieksekusi pada 2 Juli lalu," paparnya kepada otoritas bursa, Senin (15/7/2013).

Harga pelaksanaan tersebut lebih rendah dibandingkan dengan harga saham Hero pada perdagangan di pasar modal pada 2 Juli lalu yang berada pada level Rp3.700 per lembar saham. Sementara pada perdagangan sepanjang Senin (15/7/2013), saham Hero melemah 25 poin ke level Rp3.300 per lembar saham.

Dengan demikian, nilai transaksi pembelian sisa penawaran umum terbatas IV Hero dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) oleh DFCL tersebut sebesar Rp2,85 miliar.

Adapun, Hero sebelumnya menerbitkan 889,43 juta atau 21,3% saham baru di mana Setiap 100 pemegang saham Hero berhak atas 27 HMETD.

Pemegang saham mayoritas Hero, Mulgrave Corporation tidak akan melaksanakan HMETD yang menjadi haknya, tetapi mengalihkan seluruh HMETD kepada The Dairy Farm Company Limited sebagai pembeli siaga.

Sekadar diketahui, Mulgrave Corporation merupakan pihak terafiliasi dengan DFCL, sehingga total kepemilikan saham keduanya di HERO sebanyak 3,38 miliar unit atau 80,77% dari modal ditempatkan dan disetor Hero.

Sementara itu, daana hasil PUT IV Hero setelah dikurangi emisi diperkirakan sekitar Rp2,96 triliun yang bakal dialokasikan sekitar Rp1,1 triliun untuk ekspansi gerai dan Rp889,4 miliar untuk pembukaan gerai IKEA pertama perseroan di Tangerang.

Selain untuk pengembangan bisnis, perseroan juga berencana mengalokasikan 30% dari PUT IV untuk pembayaran sebagian pinjaman bank yakni HSBC, BOTM dan Bank Sumitomo. Serta 20% hasil PUT IV akan digunakan untuk pembayaran pinjaman perseroan kepada DFI Treasury Limited dengan nilai pokok pinjaman sebesar Rp573,5 miliar.

"Sisa dana bersih PUT IV akan digunakan untuk modal kerja perseroan, termasuk mendanai piutang, pembelian persediaan, pembyaran utang usaha, dan kegiatan umum dalam bentuk pinjaman," papar Lai Saye Chuan, Direktur Hero Supermarket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper