GOLDEN RETAILINDO : Kinerja Keuangan Bergerak Defensif

BISNIS.COM, JAKARTA-- PT Golden Retailindo Tbk membukukan pendapatan pada kuartal I/2013 sebesar Rp11,2 miliar dengan pertumbuhan yang cenderung negatif 4% dibandingkan dengan priode yang sama tahun sebelumnya Rp10,7 miliar.Berdasarkan laporan keuangan
Amri Nur Rahmat | 16 Juni 2013 17:50 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA-- PT Golden Retailindo Tbk membukukan pendapatan pada kuartal I/2013 sebesar Rp11,2 miliar dengan pertumbuhan yang cenderung negatif 4% dibandingkan dengan priode yang sama tahun sebelumnya Rp10,7 miliar.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan yang dikutip Minggu (16/6/2013), lini bisnis department store memberikan kontribusi terbesar terhadap komposisi perolehan omzet perseroan hingga 68% atau sebesar Rp7,63 miliar. Sementara sisanya bersumber dari segmen food court dan sewa atas beberapa tenant.

Meski mencatatkan pertumbuhan omzet pada periode Januari-Maret 2013, perseroan mencatatkan penurunan laba bersih hampir 10% dari Rp789 juta mendajadi Rp716 juta seiring dengan meningkatnya beban usaha dan operasional perusahaan.

Adapun, untuk mendongkrak pertumbuhan kinerja tahun ini, emiten berkode saham GOLD itu memiliki sejumlah rencana pengembangan usaha dengan membuka department store di Mall Kalibata City dan MallGalaxy. Selain itu, perseroan juga berencana memperkuat lini bisnis food court dan speciality store.

Dalam mendukung rencana tersebut, perseroan bakal menggunakan dana IPO yang diperoleh perseroan tahun lalu sebesar Rp29,2 miliar, di mana Rp8,11 miliar telah digunakan untuk pembukaan department store di Mall depok dan Rp992,3 juta untuk speciality store dan food court.

Adapun, kinerja pada tiga bulan pertama tahun ini merupakan keberlanjutan dari kinerja sepanjang tahun lalu, dimana pendapatan hanya tumbuh 7% menjadi Rp48 miliar secara tahunan. Sedangkan laba bersih sepanjang 2012 sebesar Rp6,9 miliar tumbuh 3% dibandingkan tahun sebelumnya.

"Penggunaan laba bersih tahun fiskal 2012 selanjutnya akan di agendakan dalam RUPST Golden Retailindo yang digelar 28 Juni mendatang," ujar Direktur Utama GOLD Kenny Utama, Jum'at (14/6/2013).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bei, emiten, ipo, ritel, bursa indonesia, golden retailindo

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top